PENGARUH MODIFIKASI PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLE TERHADAP KESEIMBANGAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

  • Anzila Firdayantie Mahasiswa

Abstrak

Abstrak

Kegiatan pembelajaran pada Kelompok B Taman Kanak-kanak mengalami beberapa permasalahan yang sering

ditemukan di lapangan yaitu kegiatan pembelajaran yang dilakukan belum sesuai karena masih kurangnya media

yang guru gunakan dalam menunjang proses pembelajaran. Guru memiliki sebuah keterampilan dalam menerapkan

pembelajaran melalui bermain. Guru lebih sering memberikan pembelajaran dalam bentuk penugasan

menggunakan majalah atau LKA sehingga perkembangan mengenal lambang bilangan pada anak masih rendah.

Kegiatan bermain di pendidikan anak usia dini tentunya tidak terlepas dari media sebagai sarana dalam bermain.

Media pembelajaran yang tepat digunakan di pendidikan anak usia dini adalah media pembelajaran yang menarik

dan menyenangkan bagi anak. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan dalam mengasah kinestetik

anak adalah permainan engklek. Penelitian ini dilakukan di TK Tunas Harapan Jaya berlokasi di Jalan

Kedungmangu No. 30. Sampel yang digunakan sebanyak 43 siswa dari kelas B1 yaitu 21 siswa sedangkan kelas B2

sebanyak 22 siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental dengan

pengembangan dari true experimental design. Penelitian ini menggunakan desain penelitian One Group Pretest

Posttest Design. Berdasarkan hasil diatas bahwasannya nilai rata-rata pre-test pada kelompok eksperimen lebih

tinggi sebesar 0,548 daripada kelas kontrol sebesar 0,519. Sedangkan nilai rata-rata post-test pada kelompok

eksperimen juga lebih tinggi sebesar 0,915 daripada kelas kontrol sebesar 0,873. Kelompok eksperimen yaitu kelas

B1 sedangkan kelompok kontrol yaitu B2. Setelah itu diuji Mann- Whitney memperoleh nilai yang signifikan

sebesar 0,004 > 0,05, artinya modifikasi media perminan tradisional engkle sangat berpengaruh terhadap

keseimbangan pada anak usia 5-6 tahun. Sehingga kelas eksperimen dan kontrol yang sama-sama menggunakan

media permainan tradisional engkle tetapi hasil tersebut berbeda. Dengan adanya media modifikasi permainan

tradisional engkle terhadap keseimbangan pada siswa 5-6 tahun mendapatkan respon yang positif dan beperan aktif

dalam pembelajaran.

Kata Kunci : Keseimbangan, Permainan Tradisional Engkle, Taman Kanak-Kanak

Diterbitkan
2023-07-30
Bagian
Articles
Abstract Views: 4
PDF Downloads: 71