PENGARUH MODIFIKASI PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLE TERHADAP KESEIMBANGAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN
Abstrak
Abstrak
Kegiatan pembelajaran pada Kelompok B Taman Kanak-kanak mengalami beberapa permasalahan yang sering
ditemukan di lapangan yaitu kegiatan pembelajaran yang dilakukan belum sesuai karena masih kurangnya media
yang guru gunakan dalam menunjang proses pembelajaran. Guru memiliki sebuah keterampilan dalam menerapkan
pembelajaran melalui bermain. Guru lebih sering memberikan pembelajaran dalam bentuk penugasan
menggunakan majalah atau LKA sehingga perkembangan mengenal lambang bilangan pada anak masih rendah.
Kegiatan bermain di pendidikan anak usia dini tentunya tidak terlepas dari media sebagai sarana dalam bermain.
Media pembelajaran yang tepat digunakan di pendidikan anak usia dini adalah media pembelajaran yang menarik
dan menyenangkan bagi anak. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan dalam mengasah kinestetik
anak adalah permainan engklek. Penelitian ini dilakukan di TK Tunas Harapan Jaya berlokasi di Jalan
Kedungmangu No. 30. Sampel yang digunakan sebanyak 43 siswa dari kelas B1 yaitu 21 siswa sedangkan kelas B2
sebanyak 22 siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental dengan
pengembangan dari true experimental design. Penelitian ini menggunakan desain penelitian One Group Pretest
Posttest Design. Berdasarkan hasil diatas bahwasannya nilai rata-rata pre-test pada kelompok eksperimen lebih
tinggi sebesar 0,548 daripada kelas kontrol sebesar 0,519. Sedangkan nilai rata-rata post-test pada kelompok
eksperimen juga lebih tinggi sebesar 0,915 daripada kelas kontrol sebesar 0,873. Kelompok eksperimen yaitu kelas
B1 sedangkan kelompok kontrol yaitu B2. Setelah itu diuji Mann- Whitney memperoleh nilai yang signifikan
sebesar 0,004 > 0,05, artinya modifikasi media perminan tradisional engkle sangat berpengaruh terhadap
keseimbangan pada anak usia 5-6 tahun. Sehingga kelas eksperimen dan kontrol yang sama-sama menggunakan
media permainan tradisional engkle tetapi hasil tersebut berbeda. Dengan adanya media modifikasi permainan
tradisional engkle terhadap keseimbangan pada siswa 5-6 tahun mendapatkan respon yang positif dan beperan aktif
dalam pembelajaran.
Kata Kunci : Keseimbangan, Permainan Tradisional Engkle, Taman Kanak-Kanak
PDF Downloads: 71