Pengaruh Media Permainan Ular Tangga Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Pada Anak Usia 5-6 Tahun
Abstrak
Kemampuan literasi numerasi adalah kemampuan anak dalam menggunakan, mengkomunikasikan, serta mengaplikasikan berbagai macam angka, simbol bilangan, grafik, bagan, tabel, dan sebagainya untuk memecahkan masalah dalam konteks kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini yaitu ingin membuktikan pengaruh media permainan ular tangga terhadap kemampuan literasi numerasi pada anak usia 5-6 Tahun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pola penelitian Quasy Experimental Nonequivalent Control Group Desaign dengan desain menggunakan dua kelompok, yaitu kelas eksperimen yang akan diberikan perlakuan dan kelas kontrol yang diberikan perlakuan secara konvensional. Hasil penelitian membuktikan bahwa media permainan ular tangga ini berpengaruh terhadap kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan kemampuan literasi numerasi anak dalam kegiatan menghitung dan membilang angka. Teknik analisis yang diperoleh yaitu Uhitung < Utabel yaitu 39,5 < 45, maka dari itu H₀ ditolak yaitu tidak adanya pengaruh media permainan ular tangga terhadap kemampuan literasi numerasi pada anak usia 5-6 tahun dan Hₐ diterima yaitu adanya pengaruh media permainan ular tangga terhadap kemampuan literasi numerasi pada anak usia 5-6 tahun.
PDF Downloads: 372