Pengaruh Pendekatan Open Ended Play Dalam Menstimulasi Kemampuan Problem Solving Anak Usia Dini
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini kemampuan problem solving anak masih relatif rendah dan proses pembelajaran
belum menstimulus kemampuan problem solving anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
kemampuan problem solving anak sebelum dan sesudah diterapkannya pendekatan open ended play. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan desain Nonequivalent Control Group
Design. Sampel penelitian ini adalah kelompok B pada kelas B1 dan B2 TK Dharmawanita Persatuan Bohar Sidoarjo
yang berjumlah 32 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan unjuk kerja. Analisis
data menggunakan uji independent sample t test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa sig(2-tailed) sebesar 0,000 <
0.05 pada pretest dan postest kelompok eksperimen, maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan open ended play
berpengaruh terhadap kemampuan problem solving anak usia dini. Hal ini berarti penggunaan pendekatan open ended
play dapat membantu menstimulus kemampuan problem solving anak usia din
PDF Downloads: 25