PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AVO TERHADAP KEMAMPUAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS ANAK
Abstract
Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini belum ada pengembangan media pembelajaran AVO untuk kemampuan Bahasa Inggris pada anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran AVO kosakata Bahasa Inggris anak, untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran AVO kosakata Bahasa Inggris anak, serta untuk mengetahui efektivitas dari media pembelajaran AVO kosakata Bahasa Inggris anak. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pengembangan atau RnD (Research and Development). Model yang digunakan adalah ASSURE (analyze learners, state objectives, select methods, media, and materials, utilize media and materials, require learners participation, evaluate and revise). ASSURE menautkan penggunaan teknologi dan media pembelajaran dalam pelaksanaan pembelajaran. Instrumen penelitian berbentuk lembar validasi materi, lembar validasi media, lembar pretest, lembar posttest, serta lembar penilaian anak. Subjek penelitian 30 anak di TK Tunas Bangsa, Geger, Lamongan. Teknik pengambilan data berupa angket dan observasi. Hasil penilaian dari para ahli memperoleh persentase 92,5% dari ahli media, sedangkan dari ahli materi memperoleh persentase 92,5%. Hasil efektivitas produk mendapatkan nilai Asymp. Sig = 0,00 < = 0,05 maka H1 diterima dan H0 ditolak. Oleh karena itu, dapat disimpulkan terdapat perbedaan sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran AVO terhadap kemampuan kosakata Bahasa Inggris anak.
Kata Kunci : Media Pembelajaran AVO, Berbasis Android, Kemampuan Bahasa Inggris