The Influence of Outdoor Learning on the Ability of Numeration Literacy of Children Aged 4-5 Years at TK PKK Bakalan

  • Firda Zulfa Rachma Putri Universitas Negeri Surabaya
  • Nurul Khotimah

Abstract

Hasil studi pendahuluan yang dilakukan, ditemukan kemampuan literasi numerasi anak dalam menghitung dan menyebutkan angka di TK PKK Bakalan Kabupaten Kediri masih rendah. Permasalahan tersebut dapat muncul karena kurangnya proses pembelajaran yang memberikan pengalaman langsung dan yang mengatasi rasa bosan pada anak dalam menerima pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh outdoor learning terhadap kemampuan literasi numerasi anak usia 4-5 tahun di TK PKK Bakalan Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain pre-eksperimen dengan jenis one group pretest postest design. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik observasi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun dengan jumlah 18 anak. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan wilcoxon match and pairs dengan menggunakan SPSS versi 22. Temuan ini menunjukkan bahwa nilai signifikan lebih kecil dibandingkan taraf signifikan.

Published
2024-03-25
Section
Articles
Abstract Views: 21
PDF Downloads: 17