Pengembangan Board Game Doltinuku (Bogadoku) untuk menanamkan nilai wirausaha untuk anak usia 5-6 tahun

  • Nihayatul Muna Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah anak kurang tertarik dengan pembelajaran yang mengembangkan tentang nilai kewirausahaan khususnya dalam hal mandiri dan bertanggung jawab dan masih ada beberapa anak yang belum mampu menerapkan sikap mandiri dan bertanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan media Bogadoku untuk menanamkan nilai wirausaha pada anak usia 5-6 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (Penelitian dan Pengembangan). Model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Validator pada penelitian ini adalah 2 orang ahli (ahli materi, ahli media dan desain pembelajaran). Subjek uji coba terbatas pada penelitian ini adalah anak TK usia 5-6 tahun dengan jumlah keseluruhan 10 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar instrument penilaian. Hasil dari pre-test dan posttest dihitung menggunakan uji normalitas wilcoxon Test. Hasil penilaian para ahli memperoleh nilai 84% dari ahli media, dari ahli materi mendapatkan nilai sebesar 78%. Berdasarkan hasil efektivitas didapatkan signifikansi 0,005 < 0,05 maka hal tersebut menunjukkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media Bogadoku efektif digunakan untuk menanamkan nilai wirausaha pada anak usia 5-6 tahun.    

Published
2024-06-19
Section
Articles
Abstract Views: 0
PDF Downloads: 0