PENGEMBANGAN PERMAINAN EDUKATIF MEGEO BOX UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN

PENGEMBANGAN PERMAINAN EDUKATIF MEGEO BOX UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN

  • Inov Ainur Rohmatul Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain permainan edukatif bagi anak usia 4-5 tahun melalui pengenalan bentuk geometri. Tahap awal pada penelitian ini yakni mengidentifikasi permasalahan yang terjadi. Masalah tersebut yakni kurangnya ketersediaan untuk alat permainan edukatif bagi anak usia dini, pengenalan mengenai geometri pada anak cenderung kurang bervariasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan R&D (Research and Development). Kemudian untuk model penelitian ini adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Untuk uji validasi dilakukan oleh dua validator. Hasil penilaian oleh dua ahli tersebut diperoleh skor sebesar 93% dari ahli media. Sedangkan dari ahli materi memperoleh skor 82,5%. Subjek uji coba terbatas pada penelitian ini yakni dua orang anak berusia 4-5 tahun. Pada kegiatan bermain 1 anak pertama berinisial CA mendapat skor total 16, yakni dalam kriteria BSB, artinya berkembang sangat baik. Kemudian anak kedua berinisial AN, mendapat skor total 13 dalam kriteria mampu atau BSB. Pada kegiatan bermain 2, skor CA stabil yakni 16. Untuk AN, mengalami peningkatan pada aspek kognitifnya yakni memperoleh skor 15. Hasil dari kegiatan bermain 1 dan bermain 2 dapat disimpulkan bahwa permainan Megeo Box ini dapat meningkatkan perkembangan kognitif pada anak usia 4-5 tahun.

Kata Kunci: Anak Usia Dini, Megeo Box, Perkembangan Kognitif

               

Published
2024-06-24
Section
Articles
Abstract Views: 0
PDF Downloads: 0