PENGARUH PENERAPAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP KEMAMPUAN SAINS ANAK KELOMPOK B DI TK AISYIYAH BUSTHANUL ATHFAL III NGANJUK

  • Destita Shari

Abstract

Di dalam proses belajar sains di TK Aisyiyah Busthanul Athfal III Nganjuk yang dilakukan oleh anak dengan cara menunjukkan gambar, percakapan, tanya jawab dan mengerjakan LKA. Hal itu dapat menimbulkan permasalahan di dalam proses belajar anak dan permasalahan terhadap aspek kognitif sains. Mengetahui hal tersebut peneliti hendak melakukan penelitian dengan cara menerapan metode eksperimen saat pembelajaran sains. Melalui penggunaan penerapan metode eksperimen saat pembelajaran sains diharapkan anak akan lebih tertarik dalam proses belajar di TK. Metode eksperimen sendiri dilakukan dengan percobaan sendiri, hingga anak dapat membuktikan dan mengetahui langsung hasil percobaan sendiri.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh penerapan metode eksperimen terhadap kemampuan sains anak kelompok B di TK Aisyiyah Busthanul Athfal III Nganjuk. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pre-eksperimen dengan rancangan “one group pre-test post-test design”. Metode pengumpulan data menggunakan observasi partisipan dengan subyek penelitian keseluruhan siswa kelompok B di TK Aisyiyah Busthanul Athfal III Nganjuk yang berjumlah 25 anak. Teknik analisis data menggunakan statistik parametrik dengan uji t atau t-test dengan menggunakan taraf signifikan sebesar 5%. Taraf signifikan tersebut digunakan untuk menguji signifikasi thitung dengan cara membandingkan besarnya ttabel sehingga dapat diketahui apabila thitung > ttabel maka hipotesis nol diterima dan apabila thitung < ttabel maka hipotesis nol ditolak. Hasil dari penghitungan yang diperoleh maka thitung>ttabel (13,79 > 2,06), penelitian ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti ada pengaruh yang signifikan dari kemampuan sains dengan penerapan metode eksperimen anak kelompok B di TK Aisyah Busthanul Athfal III Nganjuk.Kata Kunci: metode eksperimen, kemampuan sains,ABSTRACTIn the process of study sciences in kindergarten aisyiyah busthanul athfal iii nganjuk done by a child in a manner suggesting pictures, conversation, question and answer session and pursuing lka. It could cause problems in the son and in the process of learning problems against the aspect of cognitive science. Knowing that researchers will do research by means of menerapan the experimental methods are when learning science. Through the use of the application of the experimental methods are when learning science expected son shall be more interested in learning process in kindergarten. The experimental methods are itself is conducted by experiment itself, until the child can prove and immediately discover the results of the experiment it self.This research aims to analyze the improvement of children’s cognitive science by using experiment method at B group of Aisyiyah Busthanul Athfal III kindergarten Nganjuk. This research uses pre-experiment research and one group pre-test post-test desaign. The data collecting technique is participative observation. The subjects of the research are 25 B group students at Aisyiyah Busthanul Athfal III kindergarten Nganjuk. The data analysis technique used is parametric statistic which is assisted by t-test using significantly by standard 5%. Significant extent is used to test the significance thitung by way of comparing the amount of ttabel So as to be known if thitung > ttabel then hypothesis zero accepted and when thitung < ttabel then hypothesis zero rejected. The result shows that tcount>ttabel (13.79 > 2.06). The research indicated that ho declined and ha accepted meaning the significant than what science by the application of experimental methods child group B of Aisyiyah Busthanul Athfal III kindergarten Nganjuk.Keywords: experiment method, science skill.,
Published
2014-03-01
Section
Articles
Abstract Views: 54
PDF Downloads: 49