PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN MENGENAL KEAKSARAAN AWAL DENGAN METODE SUKU KATA UNTUK ANAK USIA 4-5 TAHUN
Abstract
Permasalahan dari penelitian ini adalah beberapa anak masih belum mampu mengenal huruf A-Z, symbol huruf A-Z, membaca dua suku kata, dan mereka kurang tertarik dengan pembelajaran bahasa, khususnya keaksaraan awal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kelayakan dan keefektifan media buku panduan mengenalkan keaksaraan awal dengan metode suku kata untuk anak usia 4-5 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Evaluation). Dan desain penelitian ini menggunakan One-Group Pretest Potest Design. Dua ahli materi dan media,serta dua guru TK A sebagai validator penelitian. 20 anak TK A usia 4-5 tahun sebagai subyek uji coba terbatas dalam penelitian ini. Metode pengumpulan data menggunakan angket instrument penilaian. Analisis data menggunakan statistik Non Parametrik dengan Uji Wilcoxon. Hasil penelitian ini adalah media buku panduan mengenal keaksaraan awal, dengan presentase kelayakan ahli media 83,3%, ahli materi 87,5%, dan hasil uji perorangan dua guru 79,1% dan 83,3%. hasil rata-rata pretest 61,8% < postest 83,3%. Hasil keefektifan lainnya nilai Negative Ranks sebesar 0 dan nilai Positive Ranks sebesar 20. Pada hasil Mean Rank sebesar 10,5 dan Sum of Ranks sebesar 210,00. Jadi dapat diartikan bahwa semua sampel tidak menunjukkan adanya penurunan dan mengalami peningkatan sebesar 10,5. Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan media buku panduan dapat mencapai tujuan pembelajaran anak usia 4-5 tahun yang mampu mengenal keaksaraan awal dengan metode suku kata.
Kata Kunci : Keaksaraan Awal, Metode Suku Kata