POLA ASUH ORANG TUA DALAM PENGEMBANGAN PERILAKU SOSIAL ANAK KELOMPOK B TK BELIA KREATIF KARANGPILANG SURABAYA

  • anik masruroh

Abstract

Pola asuh orang tua terkadang masih kurang diterapkan di kalangan keluarga, padahal anak lebih banyak bermain di rumah daripada di sekolah. Banyak orang tua yang kurang memperhatikan perilaku anak karena mereka sibuk dengan pekerjaan, sehingga banyak anak yang terkadang merasa kurang kasih sayang dari orang tuanya. Berdasarkan uraian di atas maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan hubungan pola asuh orang tua terhadap pengmbangan perilaku sosial anak usia dini kelompok B TK Belia Kreatif karangpilang Surabaya. Penelitian ini menjawab satu rumusan masalah yaitu adakah hubungan antara pola asuh orang tua dalam pengembangan perilaku sosial anak usia dini kelompok B di TK Belia Kreatif karangpilang Surabaya?Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif korelasional. Penelitian dilaksanakan di TK Belia Kreatif karangpilang Surabaya kelompok B. Pengambilan data dilaksanakan pada bulan Juni. Subyek penelitian meliputi orang tua dan peserta didik. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis product moment dengan r hitung tabel 0,334Berdasarkan analisis data diperoleh (r hitung 0.632 > r tabel 0.334), berarti ada hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan perilaku sosial anak usia dini. Nilai r tabel dengan jumlah responden 35 taraf signifikan 5% adalah 0.334. Jadi dapat disimpulkan bahwa pola asuh memiliki hubungan yang signifikan terhadap perilaku sosial anak usia dini di TK Belia Kreatif karangpilang Surabaya.

Kata kunci: pola asuh orang tua, perilaku sosial, anak usia dini

Abstract

Parenting parents sometimes still less applied in the family, when children play more at home than at school. Many parents do not pay attention to the behavior of children as they are busy with work, so many children who sometimes feel less affection from their parents. Based on the above, the purpose of this study is to prove relationships parenting parents to pengmbangan social behavior of early childhood kindergarten group B Creative Belia Karangpilang Surabaya. This study answers the formulation of the problem is there a relationship between parenting parents in the development of early childhood social behavior in group B TK Creative Belia Karangpilang Surabaya?This type of research is a quantitative correlation. The experiment was conducted in kindergarten Belia Karangpilang Surabaya Creative Group B. Data collection was carried out in June. Subjects of study include parents and students. Data collection in this study using questionnaires, observation and documentation. Techniques analyzed using product moment count table with r 0.334.Based on the analysis of the data obtained (0632 count r > r table 0.334), meaning there is a significant relationship between parenting parents with early childhood social behavior. R table value by the number of respondent total 35 significance standard 5% is 0.334. So it can be concluded that parenting has a significant relationship to the social behavior of young children in kindergarten Belia Creative Karangpilang Surabaya.

Keyword : education system of parent, social behavior, of early children

Published
2014-03-01
Section
Articles
Abstract Views: 14
PDF Downloads: 218