Pengaruh Penggunaan Metode Bercerita Berpasangan Terhadap Kemampuan Menyimak Cerita Anak Kelompok B di TK Pertiwi Pakong Pamekasan

  • NURUL WAHYUNI
  • Rohita Rohita

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya kemampuan menyimak anak pada kelompok B di TK Pertiwi Pakong Pamekasan. Hal ini ditunjukkan ketika anak kurang mampu menceritakan kembali isi cerita sederhana dan menyebutkan tokoh-tokoh yang ada pada pada cerita yang disampaikan oleh guru. Pembelajaran yang menarik sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak serta membantu agar anak termotivasi untuk mengikuti proses pembelajaran. Salah satu cara untuk anak upaya meningkatkan menyimak anak adalah dengan menggunakan metode cerita berpasangan. Cerita berpasangan merupakan pendekatan interaktif antara anak, guru dan bahan pelajaran. Cerita berpasangan dapat membantu suatu proses pembelajaran yang menarik dan menyenangkan sehingga anak tidak bosan dengan kegiatan yang diberikan. Adapun tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan menyimak anak pada kelompok B TK Pertiwi Pakong Pamekasan dengan menggunakan metode cerita berpasangan.Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen terutama True Experimental Design dengan jenis Posttest-Only Control Design. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Pertiwi Pakong Pamekasan yang berjumlah 35 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan uji tanda (Wilcoxon Matched Paris Sign Rank Test) dengan rumus t-test. Dimana jika thitung > ttabel maka hasil penelitian ini signifikan.Dari hasil analisis data diperoleh thitung 6,1 dan ttabel 2,3 dengan demikian thitung > ttabel. Berdasarkan hasil analisis data maka penelitian ini signifikan, metode cerita berpasangan dapat meningkatkan kemampuan menyimak cerita anak pada kelompok B di TK Pertiwi Pakong Pamekasan.Kesimpulan penelitian bahwa metode cerita berpasangan dapat kemampuan menyimak cerita anak kelompok B. khususnya bagi guru agar menggunakan metode cerita berpasangan untuk membantu anak yang mengalami permasalahan dalam belajar sehingga mendapatkan hasil belajar yang memuaskan.

Kata kunci : Metode cerita berpasangan, kemampuan menyimak

ABSTRACT

This research is in the background by the low background listening skills in group B children in kindergarten Earth Pakong Pamekasan . This is shown when children are less able to retell the story simple and mentions figures that exist in the story told by the teacher . Interesting learning is needed to improve the child's ability to listen and help keep children motivated to participate in the learning process . One way to increase the listening effort kid child is using the story in pairs . The story pairs is an interactive approach between children , teachers and learning materials . The story pairs can help a learning process interesting and fun so that children do not get bored with the activities provided. The objectives to be achieved in this research is to determine the child's ability to listen in group B TK Pertiwi Pakong Pamekasan using pairwise story.This study used an experimental research especially with the type of True Experimental Design Posttest - Only Control Design . The subjects were children in group B TK Pertiwi Pakong Pamekasan totaling 35 children . Data collection methods used were observation and documentation . Technical analysis of the data using the sign test ( Wilcoxon Matched Paris Sign Rank Test ) with the t-test formula . Where if t count > t table , the results of this study significantly.From the analysis of data obtained t 6.1 and 2.3 t table thus tcount > ttable . Based on the results of data analysis , this study is significant, paired story method can improve the child's ability to listen to the story in group B in TK Pertiwi Pakong Pamekasan.Research conclusion that the method of paired story to story listening skills of children in group B. especially for teachers to use the method of paired story to help children who have problems in learning so as to get satisfactory learning outcomes.

Keywords : Method of stories in pairs , listening skills

Published
2014-03-01
Section
Articles
Abstract Views: 31
PDF Downloads: 31