HUBUNGAN PENERAPAN DISIPLIN DALAM KELUARGA TERHADAP PERILAKU TERTIB ANAK KELOMPOK B DI TK DWP NGEMBUNG CERME GRESIK

  • Fifit krisdayanti

Abstract

Masa kanak-kanak merupakan masa kritis dimana seorang anak membutuhkan rangsangan-rangsanganyang tepat untuk mencapai kematangan yang sempurna. Selama masa ini terjadi perubahan yang mencolok baiksecara psikis maupun psikologis yang disebabkan karena tekanan budaya. Keluarga terutama orang tua memilikiperan yang utama dalam memberi kasih sayang, berbagai ilmu pengetahuan yang diperlukan, dan cara untukberperilaku dengan benar di lingkungan rumah dan di depan orang banyak. Untuk itu setiap keluarga memilikikonsep disiplin yang berbeda-beda mulai dari yang keras, longgar, atau yang serba memperbolehkan. Dariberbagai macam sikap disiplin tersebut orang tua sering kali tidak memperhatikan bagaimana perilaku anakketika di luar rumah. Perilaku yang tidak dapat diungkapkannya ketika berada di rumah membuat anakmengungkapkan hal tersebut di lingkungan luar dan salah satunya di sekolah. Inilah yang menjadi latar belakangpeneliti untuk mengetahui hubungan penerapan disiplin dalam keluarga terhadap perilaku tertib anak kelompok Bdi TK DWP Ngembung Cerme Gresik. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untukmengetahui ada tidaknya hubungan antara penerapan disiplin dalam keluarga terhadap perilaku tertib anakkelompok B di TK DWP Ngembung Cerme Gresik.Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif asosiatif, dimana peneliti ingin mencarihubungan antara dua variable penelitian. Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B di TK DWPNgembung Cerme Gresik yang berjumlah 23 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasidan angket. Teknik analisis data menggunakan uji Person Product Moment dengan rumus :        ( ) )( ( ) )( ) )2 2 2 2 N X X N y yN xy x yrxydimana rhitung > rtabel maka hasil penelitian signifikan adanya hubungan antar variable.Dari hasil perhitungan diperoleh rhitung > rtabel (0,608>0,413), maka terdapat pengaruh yang signifikanantara penerapan disiplin dalam keluarga terhadap perilaku tertib anak. Kesimpulannya bahwa penerapanpenerapan disiplin dalam keluarga mempunyai hubungan terhadap perilaku tertib di kelas anak kelompok B diTK DWP Ngembung Cerme Gresik.

Kata kunci: disiplin dalam keluarga, perilaku tertib

ABSTRACT

Childhood is a critical period where a child requires proper stimuli to achieve perfect ripeness. Duringthis period there were striking changes in both psychological and physiological stress caused by culture. Familyespecially the parents have a major role in giving love, various science needed, and how to behave properly inthe house and in front of crowds. For every family that has a concept of different disciplines ranging from hard,loose, or permissiveness. Of the various kinds of discipline that parents often do not pay attention to how thechild's behavior when outdoors. Behavior which can not be expressed when the child was at homemakingdisclose it in the outside environment and one of them in schools. This is the background of theresearcher to determine the relationship of disciplin in the family of the orderly behavior of kindergartenchildren in group B DWP Ngembung Cerme Gresik. The objectives to be achieved in this research is todetermine the relationship between the application of discipline in the family against disorderly behaviorinpreschool children in group B DWP Ngembung Cerme Gresik.This research method uses associative quantitatif research, where research want to find a relationshipbetween the two variables of the study. The subjects in this study were children in kindergarten group B DWPNgembung Cerme Gresik totaling 23 children. Data collection methods used were observation andquestionnaires. Analysis using Person Product Momenttest by the formula:        ( ) )( ( ) )( ) )2 2 2 2 N X X N y yN xy x yrxywhere rcount > rtabel the result of significant researche of the relationship between variables.From the calculation results obtained rcount>rtabel (0.608> 0.413), then there is a significantdifference between the application of discipline in the family of the orderly behavior of the child. The conclusionthat application of discipline in the family has ties to the orderly behavior in the classroom in kindergartenchildren in group B DWP Ngembung Cerme Gresik.

Keywords: discipline in the family, disorderly conduct

Published
2014-03-01
Section
Articles
Abstract Views: 49
PDF Downloads: 27