PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN 1-10 MELALUI PERMAINAN BOWLING PADA ANAK KELOMPOK A DI TK KYAI HASYIM SURABAYA

  • DYAH SUSANTHI

Abstract

Kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 adalah perubahan positif kecakapan, ketangkasan, bakat, kesanggupan memahami sistem matematika yang abstrak dari urutan 1-10. Apabila kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 tersebut mengalami hambatan maka akan menghambat kemampuan dalam berhitung.Anak kelompok A adalah anak yang berusia 4-5 tahun yang harus diperhatikan pertumbuhan dan perkembangannya. Anak yang mengalami kesulitan pada kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 menyebabkan anak tidak bisa memahami bilangan. Rumusan masalah dalam penelitian ini “Bagaimana meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 anak kelompok di TK Kyai Hasyim Surabaya dengan menggunakan permainan bowling”?. Penelitian ini dilakukan pada anak kelompok A TK Kyai Hasyim yang mengalami kesulitan dalam kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10. Oleh karena itu dibutuhkan latihan yang lebih untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan dan latihan tersebut diberikan melalui permainan bowling. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian yang diadaptasi dari desain penelitian Hopkins. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan untuk mendiskripsikan perubahan tindakan melalui permainan bowling dalam memperbaiki kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 anak. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis refleksi berdasarkan siklus-siklus. Dari temuan penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 anak kelompok A TK Kyai Hasyim yang ditunjukkan dalam siklus I dan siklus II. Kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 siklus I meningkat sebesar 19.5% sedangkan siklus II meningkat sebesar 44.5%.

Kata kunci: Kemampuan mengenal konsep bilangan, permainan bowling

Abstract

The ability of recognizing numeral concept is a positive ability alteration, skil, talent, capability to understand the abstract methematic system from 1-10, if the ability of recognizing numeral concept 1-10 gets any obstacle, it will obstruct the ability in counting. Group A children are about 4-5 years that must be given more attention about growth and development. The child who gets difficultly in recognizing numeral concept 1-10 cause the child cannot understand the numeral. The matter formulation in this research is “how to increase the ability of recognizing numeral concept 1-10 group A children in Kyai Hasyim Surabaya Kindergarten Through Bowling game?”. This research was done in group A Kyai Hasyim Surabaya Kindergarten that get difficultly in recognizing numeral concept 1-10. So that, it needs the more practice to increase the ability of recognizing numeral concept and practice that given through bowling game. This research used classroom research action research with research design was adapted from Hopkins’ research design. The data collecting methods are observation and documentation. The data analysis in this research was done to describe the action alteration through bowling game to increase the ability of recognizing numeral concept 1-10. The data analysis that used in this research was in reflection analysis that based on cycle. From the result of the research showed the ability raising to recognizing numeral concept of group A children in Kyai Hasyim Surabaya Kindergarten that showed by cycle I and cycle II.the ability score of recognizing numeral concept 1-10 was showed by the result of the research. The ability of recognizing numeral concept 1-10 in cycle I increased about 19,5%, while in cycle II it increased about 44,5%.

Keyword: The ability of recognizing numeral concept, bowling game

 

Published
2013-01-01
Section
Articles
Abstract Views: 48
PDF Downloads: 41