Upaya Meningkatkan Nilai-Nilai Moral Anak Dalam Bertingkah Laku Melalui Metode Bercerita pada Anak Kelompok A di TK Pakis Jaya

  • Ninik Rahayu

Abstract

Latar belakang penelitian ini diawali oleh hasil data pengamatan belajar awal yang menunjukkan kondisi kegiatan bercerita di TK Pakis Jaya yang jarang dilakukan dan banyak anak yang kurang memiliki sikap perilaku ke arah moral baik. Hal ini terbukti dari anak kurang menghormati guru, anak sering tidak mendengarkan apa yang diperintahkan guru. Berdasarkan latar belakang diatas maka tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan nilai-nilai moral anak dalam bertingkah laku melalui metode bercerita di TK Pakis Jaya Surabaya.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam bentuk siklus berulang.Di setiap siklus terdiri dari tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A di TK Pakis Jaya yang berjumlah 20 anak, 7 anak perempuan dan 13 anak laki-laki. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan statistik deskripsi.Berdasarkan analisis data aktifitas bercerita anak pada siklus I pertemuan I diperoleh data 67%, pada siklus I pertemuan 2 diperoleh hasil 70%. Target pencapaian dari penelitian ini adalah 75%, maka berdasarkan data pada siklus I baik pertemuan I dan 2 belum mencapai 75% oleh sebab itu maka penelitian ini berlanjut pada siklus 2. Selanjutnya pada siklus 2 pertemuan I diperoleh data 79% dan pada siklus 2 pertemuan 2 mencapai 85%.Berdasarkan analisis pada Siklus 2 maka nilai yang diharapkan telah tercapai dan penelitian ini dinyatakan berhasil. Peneliti dapat menyimpulkan bahwa metode cerita dapat meningkatkan nilai-nilai moral anak dalam bertingkah laku pada kelompok A di TK Pakis Jaya Surabaya.

Kata kunci : Nilai-nilai moral, Bertingkah laku, Metode bercerita.

Abstract

The background of this research initiated by the results of earlier studies of observational data that indicates the state telling story TK. Pakis Jaya is very less. And many children that have not enough good attitude. This is prooted by children don’t respect with their teacher. Children often don’t hear what is commanded by their teacher.Based on that background, the purpose of this research is to improve values moral children in behavior by using method telling story in Group A. TK Pakis Jaya Sby.This research uses classroom action research is designed in the form repeated cycles. In each cyclesconsists of four stages, namely planning, action, observation and reflesksi. This subyek research is children in Group A TK Pakis Jaya numbering 20 children, 7 girls and 13 boys. Teknik collection of data through observation and documentation while data analysis using descriptive.Based on data analysis, of the child’s telling story activities in first cycle of data gathering 1 obtained 67%, in the first cycle, 2 meeting 70% of the data obtained. This research shows the class action has not been successful because the target is determined is ≥ 75%, then the study continues in cycle 2, further more in cycle 2 in meeting 1 obtained 79% and in cycle 2 meeting 2 reaches 85%. Based analysis data on cycle 2 the target is reached and the study stated successful. It can be concluded that telling story can be improve the values moral IN Group A TK Pakis Jaya in Surabaya.

Key Words : Values Moral, Behavior, Telling Method.

Published
2014-03-01
Section
Articles
Abstract Views: 28
PDF Downloads: 276