STUDI DESKRIPTIF KEPERCAYAAN DIRI MELALUI SENTRA BERMAIN PERAN PADA KELOMPOK A DI TK KHADIJAH PANDEGILING SURABAYA

  • Andini Hardiningrum
  • Sri Widayati

Abstract

Aspek perkembangan sosial emosional merupakan salah satu aspek perkembangan yang harus dikembangkan pada anak usia 4-5 tahun. Salah satunya indikator yang masuk dalam aspek perkembangan sosial emosional adalah mengenai kepercayaan diri anak. Terkait dengan rasa percaya diri, di TK Khadijah Pandegiling Surabaya menggunakan model pembelajaran sentra bermain peran sebagai wadah untuk mengembangkan kepercayaan diri anak tersebut. Melalui model pembelajaran tersebut dapat dilihat seberapa besar kepercayaan diri anak untuk dapat bermain dengan menggunakan benda yang telah disediakan. Melalui peran yang dilakukan, anak dapat belajar bagaimana cara berkomunikasi dan mengembangkan keberanian dalam berperan dengan teman sebayanya. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana pelaksanaan dan hambatan-hambatan yang terjadi dalam meningkatkan kepercayaan diri anak kelompok A di TK Khadijah Pandegiling Surabaya.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian pada kelompok A di TK Khadijah Pandegiling Surabaya berjumlah 11 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman dimana terdapat tiga langkah dalam menganalisis data, yaitu data reduction (reduksi data), kemudian data display (mendisplay data), lalu conclusion drawing / verification.Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data selama proses pembelajaran terlihat bahwa 5 anak sudah mulai menujukkan kepercayaan diri yang cukup baik dan 6 anak yang lain masih memerlukan bimbingan serta motivasi dalam menunjukkan sikap percaya dirinya dalam sentra bermain peran, lalu 45 % atau 5 dari 11 anak mengalami hambatan berupa kebingungan dengan aturan yang ada. Hal ini terjadi karena sebagian besar anak sebelum masuk di TK Khadijah Pandegiling Surabaya tidak mengikuti KB (Kelompok Bermain) di yayasan yang sama. Selain itu, waktu penelitian masih dalam tahap awal masuk semester 1 sehingga anak belum terbiasa dengan pembelajaran sentra.

Kata kunci : percaya diri, sentra bermain peran

Abstract

Social emotional development aspect is one of the development must be maintained on children aged 4-5 years. One of indicator entered of social emotional development aspect is about child self confidence. The associated with self confidence, in TK Khadijah Pandegiling Surabaya use the model of sentra role-playing learning as a receptacle for develop children self confidence Through the kind of classroom can be seen how big children self confidence to play by using body that has provided. Through role done; kids do learn how to role communicate and develop in courage with their peers. The research aims to purpose how implement and constraints that occured improving children self confidence on group A in TK Khadijah Pandegiling Surabaya.This research using qualitative descriptive research approach. The subject research on group A in TK Khadijah Pandegiling Surabaya totally 11 children. The technique of using observation, data interview, documentation and chief. The technique of analysis data using model Miles and Huberman which has three steps of analyzing data, namely data reduction ( reduction data ), then data display ( mendisplay data ), and drawing / conclusion verification.Based on research and analysis data during the learning process has already begun 5 a look that suggests quite good self confidence and 6 another child still needed motivation and guidance in reveals the attitudes believes himself in sentra role play, and 45 % or 5 of the 11 children had some abstacles of confusion with the existing rules. This happens because most children before emptying in TK Khadijah Pandegiling Surabaya not following (KB )in same foundation( play groups). Besides, the time research still in 1 preliminary stages and not used by sentra learning.

Keywords: self-confidence, the central role play

Published
2014-03-01
Section
Articles
Abstract Views: 14
PDF Downloads: 312