MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MENGGUNAKAN FINGER PAINTING PADA KELOMPOK A TK FATAYAT II “10 NOVEMBER” MOJOKERTO

  • Nova Nur Indah Yanti

Abstract

Dari hasil observasi, diketahui anak kelompok A TK Fatayat II “10 November” Mojokerto kurang berani menunjukkan kreatifitasnya dan kurang percaya diri dalam menggambar. Hal ini terlihat dari hasil karya anak yang rata-rata sama dengan contoh yang diberikan guru. Realitas ini disebabkan oleh alat yang digunakan menggambar masih berupa pensil, krayon atau spidol, dan belum menggunakan peralatan lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1) mengetahui ada tidaknya peningkatan kreatifitas anak dalam menggunakan finger painting pada kelompok A TK Fatayat II “10 November” Mojokerto. 2) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan tehnik finger painting TK Fatayat II “10 November” Mojokerto.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam bentuk siklus berulang. Di setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek pada penelitian ini adalah anak kelompok A di TK Fatayat II “10 November” Mojokerto, yang berjumlah 17 anak, yang terdiri dari 5 anak perempuan dan 12 anak laki-laki. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis datanya menggunakan statistik deskriptif.Dari hasil analisis data peningkatan kreatifitas anak dengan finger painting pada siklus I diperoleh data 69,5%. Hal ini menunjukkan penelitian tindakan kelas ini belum berhasil oleh karena target yang ditentukan adalah ≥75%, maka penelitian ini berlanjut pada siklus II. Pada siklus ke II diperoleh data mengenai peningkatan kreatifitas anak dengan finger painting mencapai 78%. Berdasarkan analisis data pada siklus II maka target yang diharapkan tercapai dan penelitian ini dinyatakan berhasil. Selain itu dapat disimpulkan bahwa penerapan tehnik finger painting yang dapat meningkatkan kreatifitas anak menggunakan finger painting pada kelompok A TK Fatayat II “10 November” Mojokerto, dilakukan dengan cara menjelaskan pasta finger painting, mendemonstrasikan penggunan finger painting dalam menggambar, memberikan kesempatan pada anak untuk menggambar bebas sesuai dengan keinginannya asalkan tidak keluar dari tema yang telah ditentukan. Anak juga dimotivasi agar tidak takut salah.Kata Kunci: finger painting, kreativitas anak.

Abstract

From the observation, known to children in group A Fatayat II “10 November” kindergarten Mojokerto less daring to show his creativity and lack of confidence in drawing. This is evident from the work of an average child at the example set by the teacher. This reality caused by the tools used was a pencil drawing, crayons or markers, and not using other equipment. This research aim is to : 1) know the presence of children’s creativity by using the finger painting in group A Fatayat II “10 November” kindergarten Mojokerto, 2) describe phases of the finger painting technique application that can intensify children’s creativity by using the finger painting in group A Fatayat II “10 November” kindergarten Mojokerto.This study uses action research is designed in the form of a repeating cycle. In each cycle consists of four stages, namely planning, action, observation and reflection. Subjects in this study were a group A Fatayat II “10 November” kindergarten Mojokerto, which amounts to 17 children, which consisted of 5 girls and 12 boys. Data collection techniques used observation and documentation, while data analysis using descriptive statistics .From the analysis of data increase in the creativity of the child with finger painting on the first cycle of data was obtained 69.5 % . This suggests the study of this class action have not been successful because the specified target is ≥ 75 %, then this research continues on the second cycle. In the second cycle to the data obtained on improving children's creativity with finger painting reaches 78 %. Based on the data analysis of the second cycle of the target is reached and the study declared successful. Moreover, it can be concluded that The phases application of finger painting technique that enables to intensify children’s creativity using the finger painting in group A Fatayat II “10 November” kindergarten Mojokerto shall be conducted by explaining finger painting pasta and demonstrating the finger painting usage in drawing, thus giving opportunity to them to draw freely according to their wishes provided that in determined theme. They are also motivated in order not to be afraid of doing wrong.

Keywords : the finger painting, children’s creativity

Published
2014-03-01
Section
Articles
Abstract Views: 103
PDF Downloads: 197