PERANAN METODE PEMBERIAN TUGAS (RESITASI) TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER ANAK KELOMPOK A DI TK AL-HIDAYAH XI BENDOGERIT KEC. SANANWETAN KOTA BLITAR

  • Naili Saida

Abstract

Taman Kanak-kanak Al-Hidayah XI Bendogerit Kecamatan Sananwetan Kota Blitar merupakanTaman Kanak-kanak yang menerapkan pendidikan karakter. Pendidikan karakter ditanamkan melalui programharian di TK. Dalam program harian di TK, menggunakan berbagai macam metode dalam pembelajarannnya.Salah satunya dengan metode pemberian tugas. Oleh sebab itu peneliti ingin memaparkan peranan dari metodepemberian tugas dalam menanamkan pendidikan karakter utamanya pada nilai karakter kemandirian dantanggung jawab anak. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan metode pemberiantugas terhadap anak kelompok A di TK Al-Hidayah XI Bendogerit Kec. Sananwetan Kota Blitar.Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya sebanyak 10anak yang merupakan anak kelompok A di TK Al-Hidayah XI Bendogerit Kec. Sananwetan Kota Blitar.Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk data yang diperolehkemudian dianalisis dengan interactive model yang dikemukakan Miles.Dari penelitian ini diketahui bahwa dari kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metodepemberian tugas, anak mampu mengerjakan tugas-tugasnya sendiri, dan menyelesaikan tugas-tugas yangdiberikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peranan metode pemberian tugas terhadap pendidikan karaktersudah sesuai dengan teori dan praktik di lapangan. Dengan hasil tersebut, maka TK Al-Hidayah XI dapatmenggunakan metode pemberian tugas dalam menanamkan pendidikan karakter pada anak.Kata kunci: Metode Pemberian Tugas, Pendidikan Karakter.ABSTRACTKindergarten Al-Hidayah XI Bendogerit Sananwetan Blitar is a kindergarten that implement charactereducation. Character education is infused through a daily program in kindergarten. In the daily program inkindergarten, using a variety of methods in the learning. One of them is the method of giving tasks. Therefore,researchers wanted to expose the role of the method of giving tasks in the main character education instillcharacter values independence and responsibility of children. Therefore, this study aimed to determine the roleof the method of giving tasks to group A in kindergarten Al-Hidayah XI Bendogerit Sananwetan Blitar.The study used a method qualitative descriptive. Research subjects are as many as 10 children of groupA in kindergarten Al-Hidayah XI Bendogerit Sananwetan Blitar. The collection of data by using observation,interviews , and documentation. For the data obtained and analyzed the model interactive proposed by MilesFrom this research it is known that the learning activities using the methods of giving task , the child isable to do his duties themselves , and complete tasks given. It can be concluded that the role of the methodgiving task of character education provision is in accordance with the theory and practice in the field. Withthese results, the kindergarten Al - Hidayah XI can use the methods of giving task in instilling character inchildren's education.Keywords : Method of giving task , Character Education
Published
2014-03-01
Section
Articles
Abstract Views: 56
PDF Downloads: 747