STRATEGI MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI OUTBOUND DENGAN KEGIATAN TITIAN TALI DAN JARING LABA-LABA

  • Fitria Nurfitasari
  • Rohita Rohita

Abstract

Kemampuan motorik kasar merupakan salah satu aspek perkembangan yang harus dikembangkan pada anak usia-4-5 tahun. Salah satu indikator yang masuk dalam aspek perkembangan kemampuan motorik kasar anak adalah kekuatan tangan dan kaki. Terkait dengan kemampuan motorik kasar anak di TK Yaa Bunayya Pacing menggunakan kegiatan titian tali dan jaring laba-laba untuk mengembangkan kemampuan motorik kasar anak tersebut. Melalui kegiatan titian tali dan jaring laba-laba yang dilakukan, dapat dilihat seberapa besar kemampuan motorik kasar anak. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dengan jelas tentang strategi meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak usia 4-5 tahun melalui outbound dengan kegiatan titian tali dan jaring laba-laba di TK Yaa Bunayya Pacing. Strategi yang dimaksud meliputi media, metode, proses kegiatan, tujuan, dan evaluasi kegiatan.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitiannya adalah 10 anak dari kelompok A di TK Yaa Bunayya Pacing Bangsal Mojokerto. Sementara teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman dimana terdapat tiga langkah dalam menganalisis data, yaitu data reduction (reduksi data), kemudian data display (mendisplay data), lalu conclusion drawing / verification.Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data selama proses kegiatan titian tali dan jaring laba-laba terlihat bahwa ada media baru yang digunakan oleh TK Yaa Bunayya Pacing. Hal ini terlihat dari penggunaan media kabel listrik bekas sebagai pengganti tali tambang. Selain itu penggunaan metode yang digunakan juga bervariasi, misalnya metode metode pembelajaran di luar kelas metode praktek langsung dan metode demonstrasi. Peneliti juga menemukan bahwa penggunaan media dan metode yang digunakan telah disesuaikan dengan standar yang disarankan.

Kata kunci : kemampuan motorik kasar anak, kegiatan titian tali dan jaring laba-laba

ABSTRACT

Hard motor skills development is one aspect that should be developed in children age 4-5 years. One of the indicators included in the gross motor skill development aspects of the child is the power of hands and feet. Associated with hard motor skills in preschool children Yaa Bunayya Pacing using rope bridge activity and cobwebs to develop gross motor skills of the child. Through outreach activities rope and spider webs are made, it can be seen how much the child's hard motor skills. This study aims to describe clearly about strategy improves gross motor skills in children aged 4-5 years through outbound activities rope bridge and cobwebs in kindergarten Yaa Bunayya Pacing. Strategies may include media, method, process activities, objectives, and evaluation activities.This study used a descriptive qualitative research approach. Subjects of the study were 10 children from group A in kindergarten Yaa Bunayya Pacing Ward Mojokerto. While the data collection techniques used were observation, interview and documentation. Analysis using the model of Miles and Huberman where there are three steps in analyzing the data, The data reduction ( data reduction ), then the data display ( display the data), and conclusion drawing / verification.Based on the result, the strategy used in the activity of rope and spider web at Yaa Bunayaa kindergarten Pacing can be used as the consideration for the teachers, administrator, researchers and academic community especially in Young Learners Education Department. The researchers also suggests that there will be deeper research related to the other outbound therefore it can be more understandable and applied well in the community.

Keywords : hard motor skill, activities of rope an

Published
2014-03-01
Section
Articles
Abstract Views: 27
PDF Downloads: 210