Pengaruh Penggunaan Media Boneka Tangan Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Kelompok A TK Qoshrul Ubudiyah Surabaya

  • Jayanti Syafira

Abstract

Penelitian pada anak kelompok A di TK Qoshrul Ubudiyah dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berbicara anak. Hal ini terlihat ketika guru memberikan materi tanpa menggunakan media, anak tidak merespon baik saat diberi pertanyaan oleh guru. Boneka tangan sangat digemari oleh anak - anak, maka menjadi alasan peneliti memilih menggunakan media boneka tangan untuk mengetahui kemampuan berbicara anak. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini yaitu untuk membuktikan apakah ada pengaruh penggunaan media boneka tangan terhadap kemampuan berbicara anak. Dibutuhkannya seorang pendidik yang kreatif dalam pemanfaatan media pembelajaran agar dalam proses belajar mengajar untuk penyampain materi dapat menarik perhatian anak - anak. Hal ini bisa dilakukan dengan cara pendekatan ke anak melalui media “boneka tangan” yang merupakan suatu boneka yang mempunyai perwatakan bisa digunakan dalam penyampaian materi pada saat menjelaskan ke anak.Peneliti menggunakan penelitian PreExpermental Design dengan Pretest dan Posttest dengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah 15 siswa kelompok A TK Qoshrul Ubudiyah Surabaya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik non-parametrik dengan menggunakan uji wilcoxon, diamana Thitung < Ttabel, maka penelitian ini signifikan ada pengaruh antara 2 variabel.Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh Thitung < Ttabel (0 < 25) hal ini dapat dinyatakan bahwa adanya pengaruh penggunaan media boneka tangan terhadap kemampuan berbicara anak kelompok A TK Qoshrul Ubudiyah Surabaya.Kata kunci : Media Boneka Tangan, Kemampuan Berbicara.ABSTRACTA group of research on children in kindergarten Qoshrul ubudiyah motivated by the low capacity of the child to speak. This can be seen when the teacher gives the material without the use of the media, the child does not respond well when given a question by the teacher. Hand puppets are very popular with children - the child , then the reason the researchers chose to use a hand puppet media to determine the child's ability to speak. The goal of this research is to prove whether there is influence of media use hand puppets to the children's ability to speak. Needed a creative educator in the use of instructional media in teaching and learning in order to be able to attract the attention of material penyampain children - children. This can be done by means of the approach to the child through the media " hand puppet " which is a doll that has a disposition can be used in the delivery of the material at the time to explain to the child.Researchers used PreExpermental research with pretest and posttest design with a quantitative approach. The subjects of this study were 15 students in group A kindergarten Qoshrul ubudiyah Surabaya. Data collection methods used were observation and documentation. The data analysis technique used is the technique of non- parametric statistical analysis using the Wilcoxon test, diamana Thitung < Ttabel. this study there was a significant effect between the two variables.Based on the calculation results obtained Thitung < Ttabel ( 0 < 25 ) it can be stated that the influence of media use hand puppets to the speech of children in group A kindergarten Qoshrul ubudiyah Surabaya. Keywords : Hand Puppet Media, Speech.
Published
2014-03-01
Section
Articles
Abstract Views: 39
PDF Downloads: 40