PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI BERMAIN PUZZLE DI KELOMPOK B TK DHARMA WANITA SIDOWAREK II PLEMAHAN – KEDIRI

  • YAYUK FUJI RAHAYU

Abstract

Dari hasil observasi peneliti pada kelompok B TK Dharma Wanita Sidowarek II Plemahan – Kediri, ditemukan beberapa anak belum mampu mengingat dengan baik. Hal ini terlihat dari kegiatan anak saat mewarnai gambar. Pada saat kegiatan tersebut, sebagian besar belum dapat mengingat warna sesuai dengan aslinya. Puzzle adalah salah satu bentuk permainan yang membutuhkan ketelitian, melatih anak untuk memusatkan pikiran karena harus berkonsentrasi ketika menyusun kepingan-kepingan puzzle hingga menjadi gambar yang utuh dan lengkap. Melalui bermain puzzle, anak berpikir tentang letak potongan puzzle yang tepat. Penelitian ini bertujuan unutuk mengetahui bahwa melalui bermain puzzle dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak di TK Dharma Wanita Sidowarek II Plemahan-Kediri.Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Dharma Wanita Sidowarek II Plemahan-Kediri sebanyak 18 anak yaitu 8 anak laki-laki, 10 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah statistik deskriptif.Hasil penelitian pada siklus I diperoleh 69%. Kriteria keberhasilan tindakan pada penelitian ini adalah ≥ 75%. Dari data siklus I maka penelitian berlanjut pada siklus II. Hasil penelitian pada siklus II diperoleh 85%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka penelitian tindakan ini berhasil. Peneliti dapat menyimpulkan bahwa bermain puzzle dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak di TK Dharma Wanita Sidowarek II Plemahan-Kediri.

Kata kunci:kemampuan kognitif, bermain puzzle

Abstract

Based on the research observation of B group Dharma Wanita Kindergarten Sidowarek II Plemahan-Kediri, it was found out that some students could not remember well. It was seen when the children were drawing. At the activity, most of them could not remember colours as originally. Puzzle is one of the games which needs with care and train children to focus their thoughts because they have to concentrate when arranging parts of the puzzle to be a complete picture. By playing puzzles, children think about placing parts of the puzzle correctly. This research aimed to find out that playing puzzles could increase children’s cognitive skill at Dharma Wanita Kindergarten Sidowarek II Plemahan-Kediri.This research used classroom action research (CAR). This research had some steps including planning, action, observation and reflexing. This research used 2 cycles, each cycle had 2 meetings. The subjects of this research were B group Dharma Wanita Kindergarten Sidowarek II Plemahan-Kediri. They were 18 children, 8 males and 10 females. The technics of collecting data used in this case were observation and documentation. The technic of data analysis was descriptive statistic design.Based on the result of cycle I, it was found out 69%. The successful criterion of this action research was ≥ 75%. From data of cycle I then the research went to cycle II. The result of cycle II was found out 85%. Based on the second result, action research was successful. The research could be concluded that playing puzzles could increase children’s cognitive skill at Dharma Wanita Kindergarten Sidowarek II Plemahan-Kediri.

Keyword: cognitive skill, playing puzzle

Published
2014-03-01
Section
Articles
Abstract Views: 109
PDF Downloads: 2592