PENERAPAN SUMBER BELAJAR DI LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP KONSEP BILANGAN ANAK USIA 5 – 6 TAHUN DI TK HANDAYANI PLAOSAN KABUPATEN MAGETAN TAHUN AJARAN 2013/2014

  • DEVY INTAN PUJIAWATI

Abstract

Perkembangan Kognitif merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari diri manusia karena setiap individu menentukan penampilan atau prilaku mentalnya sendiri-sendiri. Perkembangan Kognitif mencakup banyak nilai-nilai dasar yang harus diterapkan pada anak salah satunya adalah konsep bilangan. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan di kelompok B TK Handayani Plaosan Kabupaten Magetan Tahun ajaran 2013/2014 pada tanggal 28 Agustus 2013 diperoleh data dari 20 anak atau sekitar 12 anak mengalami permasalahan dalam pemahaman konsep bilangan. Permasalahan tersebut adalah anak tidak mampu berhitung, mengurutkan bilangan, dan memahami lambang bilangan 1-10 dapat menyebabkan terhambatnya tahap perkembangan dalam mengenali bilangan. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui hasil penerapan sumber belajar di lingkungan sekolah terhadap konsep bilangan anak usia 5 – 6 tahun di TK Handayani Plaosan Kabupaten Magetan Tahun Ajaran 2013/2014.Penelitian ini menggunakan desain penelitian Quasi-Eksperimental jenis Nonequivalent Control Group Design dengan melakukan observasi sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang tidak dipilih secara random. Sampel dalam penelitian ini adalah 20 anak dari kelompok B1 sebagai kelompok eksperimen dan 20 anak dari kelompok B2 sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik parametrik dengan t-test independent (Uji t), dimana t hitung > t tabel. Jika t hitung > t tabel maka penelitian ini disignifikansi ada pengeruh antara dua variabel.Berdasarkan hasil penelitian, hasil skor rata-rata konsep bilangan di TK Handayani Plaosan Kabuaten Magetan yaitu peningkatan skor rata-rata konsep bilangan kelompok eksperimen sebesar 10,7 poin sedangkan hasil skor rata-rata perkembangan kognitif pada kelompok kontrol meningkat 6,1 poin. Berdasarkan hasil perhitungan pengujian uji-t, diperoleh nilai t hitung > t tabel (7,6595 > 2,750) maka Ho ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa sumber belajar di sekolah dapat diterapkan secara signifikan terhadap konsep bilangan anak usia 5-6 tahun di TK Handayani Plaosan Kabupaten Magetan Tahun Ajaran 2013/2014.

Kata Kunci: sumber belajar, konsep bilangan

Abstract

Cognitive Development is inseparable from human beings because each individual determines the appearance or behavior of their own mental. Cognitive Development includes many basic values that should be applied to children one of which is the concept of numbers and symbols numbers. Based on the observations that have been made in group B Handayani Plaosan Magetan kindergarten school year 2013/2014 dated August 28, 2013 on the data obtained from 20 children or 12 children have problems in understanding the concept of numbers and symbols numbers. The problem is kids are not capable of counting, sorting numbers, and understand the epitome of numbers 1-10 can cause delays in the development stage in recognizing numbers. The aim of this study was to determine the result of the application of learning resources in the school environment to the concept of number of children aged 5-6 years in kindergarten Handayani Plaosan Magetan Academic Year 2013/2014.This study using Quasi - Experimental research design types Nonequivalent Control Group Design. The samples in this study were 20 children from group B1 as the experimental group and 20 children from group B2 as a control group. Data collection methods used were observation, interview and documentation. The analysis technique used is a parametric statistical analysis techniques with independent t - test (t-test ). Where t count > t table. If t count > t table then the implementation disignifikansi study between two variables.Based on the results of the study, the results of average scores of cognitive development in kindergarten Handayani Plaosan Magetan that increasing the average score of the cognitive development of the experimental group by 10.7 points, while the mean score results of cognitive development in the control group increased by 6.1 points . Based on the test results of the t-test calculation, the value of t count > t table (7.6595 > 2.750) then Ho is rejected. Thus, it can be concluded that the source of learning in school can be applied significantly to the cognitive development of children's cognitive development differences in children aged 5-6 years in kindergarten Handy Plaosan Magetan Academic Year 2013

Keywords : learning resources , cognitive

Published
2014-03-01
Section
Articles
Abstract Views: 16
PDF Downloads: 12