PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERMEDIA FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF KELOMPOK A TK BELIA KREATIF KARANGPILANG SURABAYA

  • LAILATUL MUBAIYINAH

Abstract

Salah satu potensi yang harus dikembangkan bagi anak usia dini yaitu membaca. Membaca merupakan dasar untuk menguasai berbagai bidang studi. Jika anak pada usia sekolah permulaan tidak segera memiliki kemampuan membaca, maka anak tersebut akan mengalami kesulitan dalam mempelajari berbagai bidang studi. Membaca pada anak TK dimulai dari belajar mengenal huruf. Anak yang kemampuan mengenal huruf belum maksimal akan mengalami kesulitan dalam belajar membaca. Penggunaan pembelajaran kooperatif tipe STAD bermedia flashcard diharapkan dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD bermedia flashcard terhadap kemampuan mengenal huruf kelompok A TK Belia Kreatif Karangpilang Surabaya.yang berjumlah 17 anak.Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen dengan One-group Pretest-Posttest design. Subyek penelitian ini berjumlah 17 anak. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Untuk mengetahui adanya pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD bermedia flashcard terhadap kemampuan mengenal huruf, penelitian ini menggunakan statistik nonparametrik dengan teknik analisis data Wilcoxon Match Pairs Test yang dimana jumlah subjek yang digunakan dalam penelitian < 30, sehingga menggunakan table penolong Wilcoxon Match Pairs Test dengan rumus t-test, dimana jika Thitung > Ttabel maka hasil penelitian ini dianggap berhasil.Hasil dari analisis data diketahui perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD bermedia flashcard terhadap kemampuan mengenal huruf. Hal tersebut dapat dilihat dari T hitung 6,107 dan T tabel 2,306 dengan demikian Thitung > Ttabel.. Berdasarkan hasil analisis data maka penelitian ini signifikan, pembelajaran kooperatif tipe STAD bermedia flashcard dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf kelompok A TK Belia Kreatif Karangpilang Surabaya.

Kata kunci: kemampuan mengenal huruf, pembelajaran kooperatif tipe STAD

ABSTRACT

One of the children potencies which must be developed earlier is their reading skill. Reading skill is the basic skill to achieve other studies programs. If the children do not get the reading skill earlier, they will get difficulties in learning other studied program. Reading for the children at kindergarten is started by recognizing the letter. The children who do not understand the letter well, will get difficulties in their reading. The use of cooperatif learning flashcard tipe STAD is expected to improve the children’s skill in recognizing the letters.The aims of this research is to know the influence of cooperative learning flashcard type STAD mediated letters to the ability to know creative group A young kindergarten Belia Kreatif Karangpilang Surabaya. There are 17 children as the subjects. This research is a quantitative experimental research by using one group pretest and posttest design.This research used statistic non parametric to know the influence of cooperative learning flashcard type STAD mediated letters for the children’s skill in recognizing the letter. The data analysis technique used in this research is Wilcoxon Match Pairs Test.Based on the analysis result, there is a significant difference of the children’s skill in recognizing the letter before and after they get the learning process by using cooperative learning flashcard type STAD. The result is T table > T count. From the 17 subject, it is found that the significant level is 1% T table is 23 and T count is 0. It can be concluded that there is influence of cooperative learning flashcard type STAD mediated letters to the ability to know creative group A.

Keywords: recognizing the letter, STAD cooperative learning mediated flashcard.

Published
2014-03-01
Section
Articles
Abstract Views: 21
PDF Downloads: 21