Perbedaan Kemampuan Motorik Halus melalui Menggambar Anak Yang Mengikuti Playgroup Dan Anak Yang Tidak Mengikuti Playgroup Pada Anak Kelompok A, di TK Siti Masyithoh Diwek, Jombang

  • Astri Widya Jayanti

Abstract

Motorik halus merupakan gerak yang berhubungan dengan keterampilan fisik yang menggerakkan otot-ototkecil. Motorik halus anak dapat dilakukan dengan cara mengajak anak menggambar, karena kegiatan menggambaradalah kegiatan yang paling menyenangkan untuk anak usia dini. Dasar – dasar menggambar dapat melatih motorikhalus anak, yang meliputi : membuat berbagai bentuk garis, membuat lingkaran dan macam – macam bentuk geometri.Melalui playgroup anak dapat mengembangkan kemampuan motorik halusnya dengan baik misalnya pada awal anakmemegang pensil, mencorat – coret, menggambar bebas. Anak yang tidak mengikuti playgroup motorik halus anak didalam menggambar lingkaran dan bunga masih membutuhkan bantuan guru berbeda dengan kemampuan anak yangmengikuti playgroup bahwa motorik halus anak yang mengikuti playgroup dapat berkembang dengan baik. Diplaygroup anak akan mendapatkan stimulasi dengan baik sesuai dengan perkembangan usia anak. Playgroup merupakantempat untuk meningkatkan tumbuh kembang anak agar jadi lebih baik dan playgroup dapat mempersiapkan anak untukmasuk taman kanak – kanak. Oleh karena itu penelitian ini tentang perbedaan kemampuan motorik halus melaluimenggambar anak yang mengikuti playgroup dan tidak mengikuti playgroup pada anak kelompok A di TK SitiMasyithoh Diwek, Jombang.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian komparasi atau perbandingan. Metode pengumpulan data yangdigunakan adalah observasi, dokumentasi dan angket. Analisis data penelitian ini menggunakan Mann Whitney U-Test,dengan membandingkan Uhitung dan Utabel. JikaUhitung < Utabel , maka penelitian ini signifikan terdapat adanya perbedaankemampuan motorik halus melalui menggambar anak yang mengikuti playgroup dan tidak mengikuti playgroup di TKSiti Masyithoh Diwek, Jombang.Berdasarkan hasil perhitungan Uhitung < Utabel (10,5<15). Hal ini dapat dinyatakan bahwa terdapat perbedaankemampuan motorik halus melalui menggambar anak yang mengikuti playgroup dan tidak mengikuti playgroup padaanak kelompok A di TK Siti Masyithoh Diwek, Jombang.

Kata kunci : motorik halus, playgroup

Abstract

Fine motor movements that are associated with physical skills that move the small muscles . Fine motor skills achild can be done by taking children to draw , because drawing is the most enjoyable activities for young children .Basic - basic drawing can train fine motor , which include : making various forms of a line , a circle and a wide - rangeof geometric shapes . Through the playgroup children can develop their fine motor skills well , for example at thebeginning of the child to hold a pencil , scribbled - graffiti , drawing freely . Children who do not follow the fine motorplaygroup children in drawing circles and flowers still need the help of different teachers with the ability of childrenwho attend the playgroup that fine motor skills of children who attend the playgroup can thrive. At playgroup childrenwill get well stimulation in accordance with the developmental age of the child . Playgroup is a place to enhance thedevelopment of the child in order to be better able to prepare and playgroup children to enter kindergarten - child .Therefore, this study on the differences of fine motor skills through drawing children who attend the playgroup and didnot follow the group A playgroup for children in kindergarten Siti Masyithoh Diwek , Jombang .This research uses comparative study or comparison . Data collection methods used were observation ,documentation and questionnaires . Analysis of the research data using the Mann - Whitney U Test , which bycomparing with Utabel, if U1 < U2 , this study found significant differences in fine motor skills through drawingchildren who attend the playgroup and not follow in kindergarten playgroup Siti Masyithoh Diwek , Jombang .If U1 is the smallest value that is obtained Utabel 10.5 = 15 . Then the price Uhitung smaller than Utabel (10.5 < 15 ) . Thus Ho is rejected and Ha is accepted that there are differences in fine motor skills through drawingchildren who attend the playgroup and did not follow the group A playgroup for children in kindergarten SitiMasyithoh Diwek , Jombang .

Keywords : soft motor , playgroup

Published
2014-03-01
Section
Articles
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 877