PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ANAK DI KELOMPOK B TK PERWANIDA REJOSO NGANJUK S

  • Silviana Windaviv

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat anak dalam belajar. Hal ini terlihat masih banyaknya anak yang sibuk dengan dirinya sendiri karena pada saat proses pembelajaran guru hanya bersifat verbalistik tanpa menggunakan media. Sehingga anak menjadi tidak mengerti tentang apa yang diterangkan oleh guru. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini yaitu untuk membuktikan apakah ada pengaruh penggunaan media audio visual untuk meningkatkan minat belajar anak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif pre experimental design dengan menggunakan jenis one-group pretest-postest design. Subjek penelitian ini berjumlah 25 anak. Tehnik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Untuk mengetahui adanya pengaruh media audio visual untuk meningkatkan minat belajar anak, penelitian ini menggunakan statistic nonparametric dengan tehnik analisis data Wilcoxon Match Pairs Test yang dimana jumlah subjek yang digunakan dalam penelitian < 30, sehingga menggunakan tabel penolong Wilcoxon Match Pairs Test dengan rumus t-test, dimana jika t hitung >t tabel maka hasil penelitian ini dianggap berhasil.Hasil dari analisis data diketahui perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan menggunakan media audio visual untuk meningkatkan minat belajar anak. Hal tersebut dapat dilihat dari thitung >ttabel (18,48 > 9,48) dengan demikian thitung > ttabel. Simpulan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual berpengaruh secara signifikan untuk meningkatkan minat belajar anak di kelompok B TK Perwanida Rejoso Nganjuk.

Kata kunci: media audio visual, minat belajar anak

Abstract

The research was triggered by a lack of interest child in learning. This can be seen there are still many children being preoccupied by himself for at the time of the learning process teachers only a verbalistik without the use of the media. So as to the son to be don ' t understand about what is explained by the teacher. Objectives to be achieved of this research is to prove whether there is the influence of the use of media audio visual to raise the interest of learning a child. This research is the kind of research quantitative pre experimental design by using a kind of one-group pretest-postest design. A subject of study us they are always 25 child. Technique collecting data on this research using observations and documentation. To know the presence of the influence of media audio visual to raise children, the interest of learning this research using statistic nonparametric measure of with technical analysis of data wilcoxon match pairs test that where the number of subject matter that used in research & 30, it ' s; and thus use a table helper wilcoxon match pairs test with the formula t-test, where if t count & gt; t a table and this research result is considered successful in.The result of analysis of data known a significant difference before and after given treatment by using media audio and visual to raise the interest of learning a child. The conclusion can be seen from thitung18,48 & gt; ttabel 9,48 thus thitung & gt; ttabel. Drawing conclusions research shows that the use of media audio visual influence significantly to raise the interest of learning children in group b kindergarten perwanida rejoso nganjuk.

Keywords : audio visual media, children’s learning interest.

Published
2014-03-01
Section
Articles
Abstract Views: 593
PDF Downloads: 600