PENGGUNAAN BUKU CERITA BERGAMBAR DALAM MENUMBUHKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK KELOMPOK B DI TK PERTIWI 1 TIRTOBINANGUN KABUPATEN NGANJUK

  • LINA MARITA ZONNA

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilakukan, penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca anak. Hal ini terbukti dari antusias anak tidak nampak, anak cenderung ramai dan berbicara sendiri ketika kegiatan belajar mengajar. Latar belakang ini, masalah yang ingin dipecahkan pada penelitian ini apakah media Buku Cerita Bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca pada anak kelompok B di TK PERTIWI 1 Tirtobinangun Kabupaten Nganjuk. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menemukan terjadinya peningkatan kemampuan membaca dengan media buku cerita bergambar di TK PERTIWI 1 Tirtobinangun Kabupaten Nganjuk. Buku-buku bergambar dimaksudkan untuk mendorong ke arah apresiasi dan kecintaan terhadap buku.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan 2 siklus dan pelaksanaannya 2 bulan. Disetiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah anak kelompok B TK PERTIWI 1 Tirtobinangun Kabupaten Nganjuk yang berjumlah 17 anak, yaitu terdiri dari 8 anak perempuan dan 9 anak laki-laki. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif.Berdasarkan hasil kemampuan membaca anak dengan menggunakan media buku cerita bergambar pada siklus 1 pertemuan 1 diperoleh data 62,35%, pada siklus 1 pertemuan 2 diperoleh hasil 63,3%. Target pencapaian dari penelitian ini adalah 75%. Maka berdasarkan data pada siklus 1 baik pertemuan 1 dan 2 belum mencapai 75%. Oleh sebab itu, penelitian ini berlanjut pada siklus 2. Selanjutnya pada siklus 2 pertemuan 1 diperoleh 83,3% dan pada siklus 2 pertemuan 2 mencapai 85,5%. Berdasarkan analisis pada siklus 2 maka nilai yang diharapkan telah tercapai. Peneliti dapat menyimpulkan bahwa penggunaan buku cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca anak kelompok B di TK Pertiwi I Tirtobinangun Kabupaten Nganjuk.

Kata kunci: Kemampuan Membaca, Buku Cerita Bergambar.

ABSTRACT

According of to preface study that has been done, this research is coused lowing of reading proclivity the children. This is evident from the enthusiastic children do not appear, the child tends to be crowded and speak for themselves. From this background, the problem that wants to be solved in this research is “can the media of drawing story book increase reading proclivity for the children group B in TK Pertiwi 1 Tirtobinangun kabupaten Nganjuk. The purpose of this study is to find an increase in the ability of the media to read picture books in kindergarten PERTIWI 1 Tirtobinangun Nganjuk. Drawing books have purpose, that is to push up apresiation and like the books.A kind of this research is ”Penelitian Tindakan Kelas (PTK)” with using two cycles for about two months. This subject of this research is the student of group B TK Pertiwi 1 Tirtobinangun district Nganjuk totaling 17 children, which is composed of 8 girls and 9 boys. The data collection techniques used in this research is through observation and documentation. Analysis using descriptive statistics. Based on a child's reading skills using picture books in the media cycle 1 meeting 1 the data obtained 62.35%, in cycle 1 meeting 2 results obtained 63.3%. Target achievement of this study was 75%. So based on the data in cycle 1 meeting both 1 and 2 have not reached 75%. Therefore, this study continues in cycle 2. Later in the cycle 1 2 meetings and earned 83.3% in cycle 2 meeting 2 reached 85.5%. Based on the analysis of cycle 2 the expected value has been reached. Researchers can conclude that the use of picture books to improve reading skills in kindergarten group B TK Pertiwi I Tirtobinangun district Nganjuk.

Keywords : ability of reading, drawing book story

Published
2014-03-01
Section
Articles
Abstract Views: 351
PDF Downloads: 1051