PENGARUHMERONCE POLAMANIK-MANIK GEOMETRI TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIFANAK KELOMPOKA RAMUSLIMATNU 047 TARBIYATULFALAHIYAHMOJOPETUNG-GRESIK

  • Nurul Alfiyah

Abstract

Penelitian ini di lakukan pada anak kelompok A di RA Muslimat NU 047 Tarbiyatul FalahiyahMojopetung-Gresik karena dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan kognitif anak kelompok A dalammembedakan serta mengelompokkan bentuk geometri yaitu lingkaran, segitiga dan segiempat. Hal initerlihat dari 15 anak terdapat 11 anak yang belum mampu membedakan serta mengelompokkan bentukgeometri. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini yaitu untuk membuktikan apakah ada pengaruhmeronce pola manik-manik geometri terhadap kemampuan kognitif anak.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Pre-Experimental Design khusunya One-GroupPretest-Posttest Design. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelompok A di RA Muslimat NU047 Tarbiyatu Falahiyah yang berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi dandokumentasi. Analisis data dilakukan dengan statistik non parametrik Uji Tanda ( Sign Test ) dengan rumusX hit2 > X tab2 . Jika X hit2 > X tab2 maka penelitian ini secara signifikan terdapat pengaruh antar 2variabel.Berdasarkan hasil analisis data tentang kemampuan kognitif anak kelompok A di RA Muslimat NU047 Tarbiyatul Falahiyah Mojopetung-Gresik, diperoleh hasil X hit2 =6,23 > X tab2 =3,841, maka Haditerima. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh meronce pola manik-manik geometri terhadapkemampuan kognitif anak kelompok A di RA Muslimat NU 047 Tarbiyatul Falahiyah Mojopetung-Gresik.

Kata kunci : meronce pola manik-manik geometri, kemampuan kognitif

Abstract

The study was done at children's Group A at RA Muslimat NU 047 Tarbiyatul FalahiyahMojopetung-Gresik as effected by the low cognitive ability in distinguishing A group of children as well asclassify geometric shapes of circles, triangles and rectangles. It is visible from 15 children there are 11children who haven't been able to differentiate and classify geometric shapes. Goals to be achieved fromthis research to prove whether there is influence of meronce patterns of geometric beads against a child'scognitive ability.This research uses a type of Pre-Design Experimental research especially One-Group Pretest-PosttestDesign. The subjects in this study is the whole group A at RA Muslimat NU 047 Tarbiyatul Falahiyah of 15children. Data gathering techniques is the observation and documentation. Data analysis was done with anon-parametric statistical Test Marks (Signi Test) with the formula X hit2 > X tab2 . If X hit2 > X tab2 Andthis study has influence significantly between two variables.Based on the analysis of data about ability cognitive child group A in RA Muslimat NU 047 TarbiyatulFalahiyah Mojopetung-Gresik, the result obtained X hit2 = 6,23 > X tab2 = 3,841, then Ha accepted.This proved that the meronce pattern beads geometry against ability cognitive child group A in RAMuslimat NU 047 Tarbiyatul Falahiyah Mojopetung-Gresik.

Keywords: Meronce pattern of geometric beads, cognitive ability

Published
2014-03-01
Section
Articles
Abstract Views: 7
PDF Downloads: 128