MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MELALUI PENERAPAN METODE INQUIRY PADA KELOMPOK B TK AISYIYAH 4 KOTA MOJOKERTO

  • Ilmi Saimah

Abstract

Berdasarkan observasi pada kelompok B TK Aisyiyah 4 Kota Mojokerto, ditemukan fakta 9 anakbelum memiliki keterampilan proses sains yang baik, dan sebanyak 18 anak belum memiliki keterampilanproses sains yang baik. Ini karena pengembangan daya nalar anak masih kurang maksimal. Tujuanpenelitian ini ingin: 1) mengetahui peningkatan keterampilan proses sains melalui penerapan metodeinquiry pada kelompok B TK Aisyiyah 4 Kota Mojokerto. 2) mendeskripsikan penerapan metode inquiryyang dapat meningkatkan keterampilan proses sains pada kelompok B TK Aisyiyah 4 Kota Mojokertotahun pelajaran 2013-2014.Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan bentuk guru sebagai peneliti.Metode pengumpulan adalah observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian ini 27 anak yangdiindikasikan kurang memiliki keterampilan proses sains. Penelitian ini menggunakan 2 siklus, siklus Idan siklus II.Penerapan metode inquiry dapat meningkatkan keterampilan proses sains pada kelompok B TKAisyiyah 4 Kota Mojokerto tahun pelajaran 2013-2014. Terbukti adanya peningkatan keterampilan prosessains anak secara umum, juga terjadi peningkatan dari 71.99% siklus I menjadi 76.85 pada siklus II.Peningkatan ini juga didukung adanya peningkatan keberhasilan anak dan keberhasilan tindakan sebagaiupaya peningkatan keterampilan proses sains anak. kelompok B TK Aisyiyah 4 Kota Mojokerto tahun2013-2014. Jumlah anak yang berhasil juga meningkat dari 16 anak pada siklus I menjadi 24 anak padasiklus II. Penerapan metode inquiry yang dapat meningkatkan keterampilan proses sains pada kelompokB TK Aisyiyah 4 Kota Mojokerto tahun pelajaran 2013-2014, dilakukan dengan memberikan kebebasankepada anak untuk melakukan pengamatan, percobaan, pengelompokan dan menyebutkan hasilpercobaan yang telah dilakukan.

Kata Kunci: metode inquiry, keterampilan proses sains.

Abstract

Based on the observations in group B TK Aisyiyah 4 Mojokerto, found 9 children have goodscience process skills, and as many as 18 children do not have good science process skills. This is due tothe development of children's reasoning power is still less than the maximum. This research wants to : 1)know the promotion of science process skills through inquiry method in group B Aisyiyah 4 kindergartenMojokerto, 2) describe the application of inquiry method that can promote science process skills in groupB Aisyiyah 4 kindergarten Mojokerto in 2013-2014 period.This study included classroom action research (PTK) with the form teacher as researcher. Datacollection method is observation and documentation. The subjects of this study indicated 27 children whohave less science process skills. This study used a 2 cycle, the first cycle and second cycle.The application of inquiry method can promote science process skills in group B Aisyiyah 4kindergarten Mojokerto in 2013-2014 period. It is proven that the presence of science process skills ingeneral, also increasing from 71.99% in cycle 1 to be 76.85% in cycle 2. This increasing is alsosupported by children’s success escalation and successful action as an effort of promoting their skills inin group B Aisyiyah 4 kindergarten Mojokerto in 2013-2014 period. Number of successful children is alsogoing up from 16 in cycle 1 to be 24 in cycle 2. The application of inquiry method that can promotescience process skills in group B Aisyiyah 4 kindergarten Mojokerto in 2013-2014 period is conductedby providing freedom to them to perform observation, trial, grouping, and conveying their executed trialresult.

Keywords : the inquiry method, the science process skills.

Published
2014-03-01
Section
Articles
Abstract Views: 10
PDF Downloads: 21