MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN 1-10 DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI BERMAIN POLA MANIK-MANIK PADA ANAK DI TK AN NUR KECAMATAN TENGGILIS MEJOYO SURABAYA

  • WAHYUNI MUSTIANAH

Abstract

Rendahnya kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan di TK ANNUR menjadi salah satu penyebab terhambatnya belajar berhitung di tahun ajaran2011/2012, ada sekitar 70% anak yang masih belum paham tentang bilangan danselebinya sekitar 30% anak yang sudah bisa mengenali bilangan dengan baik.Salah satu penyebabhnya yaitu kejenuhan anak dalam mengikuti pembelajarankurang menarik bagi anak dan banyak guru yang kurang menggunakan strategidalam pembelajaran. Karena itu peneliti menggunakan strategi bermain polamanik-manik untuk mengenal konsep bilangan 1-10 anak kelompok A di TK ANNUR. Tujuan menggunakan strategi bermain pola manik-manik adalah untukmengetahui bagaimana penerapan strategi bermain pola manik-manik dalammeningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10.Penelitian ini menggunakan PTK sebanyak dua kali putaran (siklus).Setiap putaran (siklus) terdiri dari 4 tahap yaitu 1. Tahap Perencanaan Tindakan, 2.Tahap Kegiatan dan Pelaksanaan, 3. Tahap Observasi, 4. Tahap Refleksi danAnalisis. Subyek penelitian adalah peneliti sendiri sedangkan obyek penelitian iniadalah anak kelompok A TK AN NUR. Data diperoleh dari lembar observasikegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa kemampuanmengenal konsep bilangan 1-10 dengan menggunakan strategi bermain polamanik-manik dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10yang dapat di lihat dari siklus 1 dengan persentase 45%, dan diteruskan siklus 2dengan persentase 84% didapat dari 60% anak dengan bintang 3 dan 24%anak dengan bintang 4.

Kata kunci: Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1-10, Stategi Bermain PolaManik-manik

Abstract

The low childrens’ ability in recognizing numerical concept at AN NURkindergarten is one of the causes of the difficulties og counting lesson in theacademic year 2011/2012. There are about 70% of the children who still cannotunderstand the number well, the other 30% of the children can understand it well.One of causes is the childrens’ boredom in following the uninteresting lesson andthere are many teachers who are still lack of the learning strategy. Based on thatreason, the researcher used playing beads strategy to recognize number 1-10 forthe A group children of AN NUR kindergarten. The purpose of applying thisstrategy is to know the use of playing beads strategy to improve the ability ofrecognizing number 1-10.This research used a classroom action research in two cycles. Every cycleconsisted of 4 stept: there were planning, treatment, observation, reflection andanalysis. The subject of this research was the researcher. The objects of theresearch were the A group children of AN NUR kindergarten. The data werecollected from observation sheet of teaching and learning process. Based on theanalysis result, it can be concluded that playing beads strategy can improve theability to recognize numerical concept 1-10. It can be seen from the result of thefirst cycle is 45% and the result of the second cycle is 84%. It was found out that60% of the children got 3 stars and 24% of the children got 4 stars.

Keywords : the ability to recognize numerical concept 1-10, playing beadsstrategy

Published
2013-01-01
Section
Articles
Abstract Views: 13
PDF Downloads: 56