MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK MELALUI METODE BERCERITA GAMBAR SERI FLANEL PADA SISWA KELOMPOK A2 TK MUSLIMAT AL-MUSTOFA GEMEKAN SOOKO KABUPATEN MOJOKERTO

  • Mufarokhatul Jannah

Abstract

Pendidikan di Taman Kanak-Kanak meliputi beberapa pengembangan kemampuan dasar. Salah satu diantaranya adalah pengembangan kemampuan berbahasa yang meliputi menyimak dan berbicara di TK Muslimat Al Mustofa Gemekan Sooko Mojokerto, khususnya kelompok A. Pada waktu mengenal perbendaharaan kata mengenai kata sifat (nakal, pelit, baik hati, berani dan sebagainya) dan menjawab pertanyaan secara sederhana masih rendah. Pembelajaran yang menarik sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak serta membantu agar anak termotivasi untuk mengikuti proses pembelajaran, salah satu cara untuk anak upaya meningkatkan kemampuan berbahasa anak adalah dengan metode bercerita gambar seri flanel. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berbahasa anak pada kelompok A2 TK Muslimat Al-Mustofa Gemekan Sooko Mojokerto dengan menggunakan metode bercerita gambar seri flanel. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam bentuk siklus berulang. Disetiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A2 TK Muslimat Al-Mustofa Gemekan Sooko Mojokerto yang berjumlah 20 anak, dengan rincian 10 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan analisis data aktifitas bercerita anak pada siklus I diperoleh hasil 60 % dengan jumlah 12 anak yang berhasil dan 8 anak yang belum berhasil. Target pencapaian dari penelitian ini adalah 80 %, oleh sebab itu penelitian ini berlanjut pada siklus ke 2. Pada siklus ke 2 diperoleh hasil 85% dengan jumlah 17 anak yang berhasil dan 3 anak yang belum berhasil. Berdasarkan analisis pada siklus ke 2 maka nilai yang diharapkan telah tercapai dan penelitian ini dinyatakan berhasil. Peneliti dapat menyimpulkan bahwa metode bercerita gambar seri flanel dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak pada kelompok A2 TK Muslimat AL-Mustofa Gemekan Sooko Mojokerto.

Kata Kunci : Kemampuan Berbahasa, Metode Bercerita

ABSTRACT

Education in Nursery School cover some development of ability of base. One of the among others is development of ability of have Ianguage to covering to correct reading and converse Childreen in kindergarten science Al Mustofa Gemekan Sooko Mojokerto, specially group A. When recognizing exchequer of word concerning adjective ( naughty, meanie, kindhearted, dare to etcetera) and [reply/ answer] question simply still lower. interesting study very required to increase ability of have child Ianguage to and also assist child to motivat to follow process of pembelajran, one of the way of for the child of effort improve ability of have child Ianguage to is with method tell a story break even picture of flannel. Target of which wish to be reached by at this research is to know ability of have child Ianguage to at group of A2 Childreen in kindergarten science Al-Mustofa Gemekan Sooko Mojokerto by using break even picture method of flannel. This research use type research of designed class action in the form of recuring cycle. Each;Every cycle consist of 4 step that is planning, execution, and observation of refleksi. this Research Subjek is group child of A2 Childreen in kindergarten science Al-Mustofa Gemekan Sooko Mojokerto amounting to 20 child, with detail 10 boy and 10 daughter. Technique data collecting use documentation and observation, while data analysis use descriptive statistic. Pursuant to data analysis of aktifitas tell a story child at cycle of I obtained by result 60 % with amount 12 a success child and 8 child which not yet succeeded. Attainment goals of this research is 80 %, on that account this research continue at cycle to 2. At cycle to 2 obtained by result 85% with amount 17 a success child and 3 child which not yet succeeded. Pursuant to analysis [at] cycle to 2 hence value the expected have been reached and this research is expressed to succeed. Researcher can conclude that method tell a story break even picture of flannel can improve ability of have child Ianguage to at group of A2 Childreen in kindergarten science AL-MUSTOFA Gemekan Sooko Mojokerto.

Keywords : The Flannelette Figure Series, Proficiency

Published
2014-03-01
Section
Articles
Abstract Views: 13
PDF Downloads: 720