MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK DENGAN MEDIA ORIGAMI PADA KELOMPOK A DI TK DHARMA WANITA PERSATUAN TARIK-SIDOARJO

  • Indah Yuli Wulandari

Abstract

Penelitian ini berasal dari masalah kemampuan motorik halus pada kelompok A di TK Dharma wanita Persatuan Tarik-Sidoarjo masih belum berkembang secara optimal. Hal ini dapat terlihat pada proses kegiatan origami banyak anak yang tidak dapat melakukan kegiatan melipat secara sendiri. Selain itu, pada kegiatan origami banyak guru yang tidak mempertimbangkan tahapan origami anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan motorik halus melalui media origami.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam bentuk siklus berulang, disetiap siklusnya terdiri 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A di TK Dharma Wanita Persatuan Tarik-Sidoarjo sebanyak 20 anak. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi. Analisis data ini menggunakan metode statistik deskriptif.Berdasarkan analisis data aktifitas origami anak pada siklus I sebesar 45% dengan jumlah 9 anak yang mampu dengan mandiri. Target pencapaian dari penelitian ini adalah 75 %, oleh sebab itu penelitian ini berlanjut pada siklus ke 2.pada siklus 2 diperoleh hasil 90% dengan jumlah 18 anak yang mampu dengan mandiri. Berdasarkan analisis pada siklus ke 2 maka nilai yang diharapkan telah tercapai dan penelitian ini dinyatakan berhasil. Peneliti dapat menyimpulkan media origami dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok A di TK Dharma Wanita Persatuan Tarik-Sidoarjo.

Kata kunci: kemampuan motorik halus, media origami

Abstract

This study comes from the problem of fine motor skills in group A in kindergarten Dharma Wanita Tarik - Sidoarjo still develop optimally . This can be seen in the activities of origami many children who can not perform activities independently folding . In addition , the origami activity many teachers who do not consider the child's stage of origami The purpose of this study was to determine the improvement of fine motor skills through the medium of origami .This study uses action research is designed in the form of repeated cycles , each cycle comprising four stages , namely planning, action , observation and reflection . Each cycle consists of 3 meetings . The subjects were a group of children in kindergarten Dharma Wanita Persatuan Tarik - Sidoarjo as many as 20 children . Data collection techniques such as observation and documentation . Analysis of this data using descriptive statistical methods .Based on data analysis activities children origami in the first cycle by 45 % the number of 9 children who are able to self . Target achievement of this study is 75 % , therefore this research continues on a cycle to cycle 2 2.Pada 90 % results obtained by the number of 18 children who were able to self . Based on the analysis cycle to 2 then the expected value of this research has been achieved and expressed successfully . Researchers can deduce origami media can improve fine motor skills in children in the kindergarten group A Dharma Wanita Persatuan Tarik - Sidoarjo .

Keywords : fine motor skills , media origami

Published
2014-03-01
Section
Articles
Abstract Views: 143
PDF Downloads: 267