PENERAPAN MEDIA KARTU KATA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN KELOMPOK B DI TK YALISTA SURABAYA

  • SRIYATIN

Abstract

Anak kelompok B di TK Yalista Surabaya sebagian besar dalam pengenalan kosa katamasih kurang, dikarenakan anak masih belum mampu membaca gambar dengan kata,menghubungkan dan menyebutkan tulisan sederhana dengan symbol yang melambangkannya,menyebutkan kata yang huruf awalnya sama. Tujuan menggunakan media kartu kata adalah untukmengetahui penerapan media kartu kata yang dapat meningkatkan kemampuan membacapermulaan kelompok B di TK Yalista Surabaya.Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak dua kali putaran(siklus) setrap putaran (siklus) terhadap dari 4 tahap yaitu 1. tahap perencanaan tindakan, 2. tahapkegiatan dan pelaksanaan, 3. tahap observasi, 4. tahap refleksi dan analisis. Subyek penelitianadalah anak kelompok B TK Yalista Surabaya. Data penelitian dikumpulkan melalui teknikobservasi yang ditabulasikan dan dianalisis dengan menggunakan mean dan diskripsikan,peningkatan rata- rata persentase capaian perkembangan kemampuan membaca permulaan siklus1 dengan perolehan persentase 55% menjadi 85% pada siklus II. Merujuk pada kenaikan angkapersentase tersebut, maka dapat disimpulkan, dengan melalui berbagai perbaikan tindakan siklus Idan II di peroleh bukti nyata bahwa penguasaan ketrampilan membaca permulaan anak kelompokB TK Yalista Surabaya meningkat secara signifikan.Kesimpulan dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menunjukkan bahwa penerapanmedia kartu kata dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan kelompok B di TK YalistaSurabaya.

Kata kunci: media kartu kata, kemampuan membaca permulaan

Abstract

Most of the students in Yalista kindergarten still lack of the ability in recognizing thevocabularies. It is because the children still cannot read the picture by words, they connot relateand state the simple written with symbol, and they connot state the words which have similar firstletter. The purpose of using vocabularies card media is to improve reading skill of beginners for Bgroup at Yalista kindergarten Surabaya.This research was a classroom action research in two cycles. Each cycles consisted offour steps. There were planning, treatment, observation, reflection and analysis. The subjects ofthis research were the students of B group at Yalista kindergarten Surabaya. The data werecollected through observation. The data were tabulated and analyzed by using mean and then weredescribed. This research shows the significant result, it is proven by the improvement of thepercentage, it B group at Yalista kindergarten Surabaya can be improved significantly.The conclusion of this clossroom action research shows that the use of vocabulary cardscan improve reading skill of beginner at B group of Yalista kindergarten Surabaya.

Keyword: vocabulary cards media, early reading skill

Published
2013-01-01
Section
Articles
Abstract Views: 11
PDF Downloads: 1382