ikaulya@yahoo.com

  • Ika Ulya Herawati

Abstract

Latar belakang penelitian ini diawali oleh rendahnya kemampuan anak dalam mengenal kata, sehingga seringkali anak bingung ketika melakukan sesuatu yang diperintah oleh guru. Selain itu guru dalam melakukan pembelajaran jarang menggunakan media. Sehingga suasana pembelajaran yang tercipta jadi kurang menarik dan kurang menyenangkan. Metode bercerita di TK Annur Semolowaru masih sangat jarang digunakan. Berdasarkan hal diatas maka peneliti ingin melakukan penelitian yang dapat meningkatkan kemampuan mengenal kata pada anak dengan menggunakan metode bercerita. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal kata.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Disetiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini berjumlah 23 anak yang terdiri dari 10 putri dan 13 putra. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi, analisis data menggunakan statistik deskriptif.Dari hasil analisis data pada siklus I diperoleh nilai 67,5%. Hal ini menunjukkan penelitian tindakan kelas ini belum berhasil karena target yang ditentukan adalah ≥ 80%, maka penelitian ini berlanjut pada siklus II. Pada siklus ke II diperoleh data mengenai peningkatan kemampuan mengenal kata mencapai 90%. Berdasarkan analisis data pada siklus II maka target yang diharapkan tercapai dan penelitian ini dinyatakan berhasil. Selain itu dapat disimpulkan bahwa dengan metode bercerita, pembelajaran mengenal kata pada anak kelompok B dapat meningkat dan berlangsung dengan suasana yang menyenangkan (bermain sambil belajar).

Kata Kunci : mengenal kata, metode bercerita

A B S T R A C T

The background This study initiated by the child's lack of ability to recognize words, so often confused when a child does something that is ruled by the teacher . In addition teachers in learning to use the media rarely . So that the learning environment is created to be less interesting and less fun . Storytelling in kindergarten Annur Semolowaru still very rarely used . Based on above, the researcher wants to conduct research that can improve the child's ability to recognize words using storytelling methods. The main objective of this research is to improve the ability to know the words. This study used classroom action research ( CAR), which consists of two cycles . In each cycle consists of four stages , namely planning, action , observation , and reflection . The subject of this research were 23 children consisting of 10 daughters and 13 sons . Data collection techniques used observation and documentation data analysis using descriptive statistic. From the analysis of the data obtained in the first cycle value of 67.5 % . This study shows a class action is not successful because the specified target is ≥ 80 % , then this research continues on the second cycle . In cycle II data showed an increased ability to recognize words on reaching 90 % . Based on the data analysis of the second cycle of the target is reached and the study declared successful . Moreover, it can be concluded that the method of storytelling , familiar word learning in children can be increased and group B takes place with a nice atmosphere ( play and learn ) .

Keywords : recognizing the words , storytelling method.

Published
2014-03-01
Section
Articles
Abstract Views: 7
PDF Downloads: 302