Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Melalui Metode Bermain Peran Pada Kelompok B PPT Kuncup Harapan Surabaya

  • LATHIFA WULANDARI

Abstract

Latar Belakang ini di awali oleh hasil data pengamatan studi awal yang menunjukkan bahwa anakkelompok B di PPT Kuncup Harapan Surabaya dalam kemampuan sosial emosional sangat kurang. Hal initerlihat emosi anak tidak terkendali, mudah marah dan sering memukul temannya. Apabila berbuatkesalahan tidak minta maaf, terkesan tidak mau tahu tentang apa yang sudah diperbuatnya. Berdasarkanmasalah yang ada, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan metode bermainperan dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional anak kelompok B PPT Kuncup HarapanSurabaya.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang di rancang dalam bentuk siklusberulang. Di setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi danrefleksi. Subjek ini adalah kelompok bermain B PPT Kuncup Harapan Surabaya yang berjumlah 15 anak.Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis datanyamenggunakan statistik deskriptif.Dari analisis data, kemampuan sosial emosional anak pada siklus 1 menunjukkan presentasesebesar 50%. Hal ini menunjukkan penelitian tindakan kelas belum berhasil, oleh karena target yangditentukan adalah 80%. Maka penelitian ini berlanjut pada siklus 2 dengan hasil 97%, dengan demikianpenelitian ini dinyatakan berhasil. Berdasarkan hasil penelitian ini membuktikan bahwa peningkatankempuan sosial emosional anak dapat menggunakan metode bermain peran.

Kata Kunci : Metode bermain peran, Kemampuan sosial emosional

Abstract

Background is at the start by the results of initial studies of observational data that show thatchildren in group B at the PPT Kuncup Harapan Surabaya in emotional social skills are very lacking . It isseen uncontrolled children's emotions , irritability and often beat her . If errors do not apologize ,impressed not want to know about what has been done. Based on existing problems , the purpose of thisstudy was to describe the use of role play method can improve social skills of children in group B PPTKuncup Harapan Surabaya .This study uses action research that is designed in the form of a repeating cycle . In each cycleconsists of four phases: planning, action , observation and reflection . This subject is a play group B PPTKuncup Harapan Surabaya consisting of 15 children . Data collection techniques used observation anddocumentation , while data analysis using descriptive statistics .From the data analysis , the ability of children's social emotional in cycle 1 shows the percentageof 50 % . This suggests action research has not succeeded , because the specified target is 80 % . Thisresearch is continuing in cycle 2 with the results of 97 % , thus this study declared successful . Based onthe results of this study demonstrate that increased social emotional kempuan children can use the methodof playing a role .

Keywords : Method of playing a role , emotional social skills

Published
2014-03-01
Section
Articles
Abstract Views: 70
PDF Downloads: 1388