MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DENGAN METODE EKSPERIMEN MELALUI PERMAINAN SAINS KELOMPOK B TK HANG TUAH 10 SIDOARJO

  • LAILATUS SOLICHAH

Abstract

Latar belakang penelitian ini diawali oleh hasil data pengamatan studi awal yang menunjukkan kemampuan kognitif anak kelompok B di TK Hangtuah 10 Sidoarjo masih kurang. Hal ini terbukti dari ketika anak menerima materi secara abstrak dalam pembelajarn masih rendah. Berdasarkan masalah yang ada, maka tujuan peneltian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan metode eksperimen melalui permainan sains kelompok B di TK Hang Tuah 10 Sidoarjo.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam bentuk siklus berulang. Di setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B di TK Hang Tuah 10 Sidoarjo yang berjumlah 25 anak yang terdiri dari 11 anak laki-laki dan 14 anak perempuan. Teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi sebagai analisis datanya menggunakan statistik deskriptif.Dari analisis data kemampuan kognitif anak dengan metode eksperimen pada siklus 1 sebesar 58%. Hal ini menunjukkan penelitian tindakan kelas belum berhasil, oleh karena target yang ditentukan adalah 80%. Maka penelitian ini berlanjut pada siklus 2. Pada siklus 2 diperoleh hasil 85%. Berdasarkan hasil data pada siklus 2 maka penelitian ini berhasil dan membuktikan bahwa kemampuan kognitif anak meningkat dengan metode eksperiman melalui permainan sains.

Kata kunci: kemampuan kognitif, metode eksperimental, permainan sains.

Abstract

Background This study initiated by the results of initial studies of observational data that show the cognitive abilities of children in the kindergarten group B Hangtuah 10 Sidoarjo is still lacking . This is evident when the child receives the material from the abstract in pembelajarn still low . Based on existing problems , the goal of this research is to describe the use of the experimental method of science through games can improve cognitive abilities in kindergarten children in group B Hang Tuah 10 Sidoarjo .This study uses action research is designed in the form of a repeating cycle . In each cycle consists of four stages , namely planning , execution , action observation , and reflection . The subjects were children in the kindergarten group B Hang Tuah 10 Sidoarjo totaling 25 children comprising 11 boys and 14 girls . Observation data collection techniques and documentation as data analysis using descriptive statistics .From the data analysis of cognitive abilities of children with an experimental method in cycle 1 was 58%. This suggests action research has not succeeded, because the specified target is 80%. This research is continuing in cycle 2. In cycle 2 the results obtained by 85%. Based on the results of cycle 2 data on the study is successful and proves that cognitive abilities of children increases with experimental methods of science through play.

Keywords : cognitive ability , experimental methods , science games .

Published
2014-03-01
Section
Articles
Abstract Views: 10
PDF Downloads: 898