MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK PADA KELOMPOK B TK SABILAS SALAMAH SURABAYA

  • LI’ANAH LI’ANAH

Abstract

Latar belakang penelitian ini diawali oleh hasil data pengamatan studi awal yang menunjukkan kondisi minat anak ketika belajar berhitung dirasa sangat kurang. Hal ini terbukti ketika pelajaran berhitung anak merasa bosan sehingga kelas menjadi ramai dan gaduh. Berdasarkan masalah yang ada maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan media congklak dalam meningkatkan kemampuan berhitung anak terutama dalam memahami konsep bilangan pada kelompok B TK Sabilas Salamah Surabaya.Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah Kelompok B TK Sabilas Salamah yang berjumlah 24 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis datanya menggunakan statistik deskriptif.Dari hasil analisis data diperoleh kemampuan anak dalam memahami konsep bilangan siklus 1 pertemuan 1 diperoleh 59 %, pertemuan 2 diperoleh 68 %. Hal ini menunjukkan penelitian tindakan kelas ini belum berhasil karena target yang di tentukan adalah > 75 %, maka penelitian berlanjut pada siklus 2. Pada siklus 2 pertemuan 1 diperoleh 68 % dan pertemuan 2 diperoleh 87 %. Berdasarkan analis data pada siklus 2 baik pertemuan 1 dan 2 maka target yang diharapkan dinyatakan tercapai. Sehingga dapat disimpulkan bahwa permainan tradisional congklak dapat meningkatkan kognitif anak dalam mengenal konsep bilangan di TK. Sabilas Salamah Surabaya.

Kata kunci : Permainan Tradisional, Congklak, Kognitif

ABSTRACT

Background research background is preceded by the results of initial studies of observational data that show the condition of the child's interests when learning to count felt very lacking. This is evident when counting children are bored so the class becomes crowded and rowdy. Based on existing problems, the purpose of this study was to examine the use of media congklak in improving numeracy skills of children, especially in understanding the concept of numbers in group B Sabilas Salamah Kingdergaten Surabaya.This study uses the Classroom Action Research through the planning, implementation, observation and reflection. The subjects of this study were Group B Sabilas Salamah Kingdergaten totaling 24 children. Data collection techniques used observation and documentation, while data analysis using descriptive statistics.From the analysis of the data obtained in the child's ability to understand the concept of counting cycle 1 meeting 1 obtained 59%, in cycle 1 meeting 2 earned 68%. This study shows a class action is not successful because the target specified is > 75%, the research continues in cycle 2. From cycle 2 meeting 1 obtained 68 % meeting 2 reached 87%. Based on the data analyst meeting on 1 and 2 cycle 2 the expected target declared successful. So that the overall the congklak traditional game can improve the cognitive abilities of children on number concept for the group B children at Sabilas Salamah Surabaya

Keyword : Traditional game, Congklak, Cognitive

Published
2014-03-01
Section
Articles
Abstract Views: 243
PDF Downloads: 2456