PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM KONSEP WARNA MELALUI BERMAIN AIR PADA ANAK KELOMPOK B DI TK ANGGREK SURABAYA

  • Sri Juspani

Abstract

Latar belakang ini diawali oleh hasil data pengamatan studi awal yang menunjukkan kemampuan anak dalam konsep bermain warna. Hal ini terlihat ketika pada saat guru bertanya pada anak, anak masih kurang memahami tentang apa yang telah diterangkan oleh guru dalam konsep mengenal warna. Saat membedakan warna hijau dan biru anak masih belum mampu untuk membedakan warna tersebut. Berdasarkan masalah yang ada maka tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam konsep warna melalui bermain air.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam bentuk siklus berulang. Disetiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok B di TK Anggrek Surabaya yang berjumlah 10 anak terdiri 6 anak laki-laki dan 4 anak perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Sebagai analisis datanya menggunakan statistik deskriptif.Dari analis data kemampuan kognitif anak pada siklus 1 sebesar 47%. Hal ini menunjukkan penelitian tindakan kelas belum berhasil. Oleh karena target yang ditentukan adalah 82%. Maka penelitian berlanjut pada siklus ke 2. Pada siklus ke 2 hasilnya 82%, dengan demikian ini penelitian ini dinyatakan berhasil. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa untuk meningkatkan kognitif anak dalam konsep warna dapat dilakukan melalui bermain air sudah baik.

Kata Kunci : Metode eksperimen, Kemampuan Kognitif, Bermain Air

Abstract

Background was preceded by a preliminary study results of observational data that show the ability of the child to the concept of playing colors . This can be seen when at the time the teacher asked the child , the child is still lack of understanding about what has been described by teachers familiar with the concept of color . When green and blue colors distinguish the child is still not able to distinguish the colors . Based on existing problems , the purpose of this research is to improve the cognitive abilities of children in the concept of colors through water play .This study uses action research is designed in the form of a repeating cycle . In each cycle consists of four stages: planning , execution , action observation and reflection . The subjects of this study were kindergarten children in group B in Surabaya Orchid totaling 10 children comprised 6 boys and 4 girls . Data collection techniques used observation and documentation . As the analysis of the data using descriptive statistics .From the data analyst cognitive abilities of children in cycle 1 was 47 % . This suggests action research has not been successful . Therefore the specified target is 82 % . So the research continues to cycle 2 . In cycle 2 the result is 82 % , so this study declared successful . Based on the results prove that this peneliitian to improve children's cognitive color concepts through play in the water is good .

Keywords : experimental method , Cognitive Ability , Playing Water

Published
2014-03-01
Section
Articles
Abstract Views: 9
PDF Downloads: 11