PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAKKELOMPOK BERMAINMELALUI KEGIATAN BERMAIN LOMPAT TALI DI PPTMAWAR SURABAYA

  • Sulicha Sulicha

Abstract

Latar belakang penelitian ini di awali oleh hasil data pengamatan studi awal yang menunjukkan kondisi motorik kasar anak di PPT Mawar sangat kurang hal ini terbukti belum mampu melompat dengan satu kaki, melompat dengan kedua kaki secara bersama-sama, melompat dengan ketinggian 20-50 cm, menjaga keseimbangan badan, melompat dengan berbagai variasi. Berdasarkan masalah yang ada maka tujuan peneliti ini adalah meningkatkan motorik kasar anak melalui bermain lompat tali.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang di rancang dalam bentuk siklus berulang . Di setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek ini adalah anak kelompok bermain B di PPT Mawar Surabaya yang berjumlah 20 anak yang terdiri dari 3 anak perempuan dan 17 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis datanya menggunakan stratistik deskriptif.Dari hasil analisis data aktivitas motorik kasar anak pada siklus 1 di peroleh data 50% . Pada siklus satu pertemuan 2 di peroleh data 65%. Hal ini menunjukkan penelitian tindakan kelas belum berhasil oleh karena target yang di tentukan adalah ≥ 80%. Maka peneliti ini berlanjut pada siklus 2. Pada siklus 2 pertemuan 2 mencapai 85%. Berdasarkan analisis data pada siklus 2 maka target yang di harapkan tercapai dan penelitian ini di nyatakan berhasil. Selain itu dapat di simpulkan bahwa bermain lompat tali dapat meningkatkan motorik kasar anak kelompok B di PPT Mawar Surabaya.

Kata Kunci : Motorik Kasar, Bermain lompat Tali.

AbstractThe background of this research at the start by the results of initial studies of observational data that show the condition of gross motor skills in children PPT Rose lacking this proved not able to jump on one foot , jump with both feet together , jump with a height of 20-50 cm , maintain body balance , jumping with great variety. Based on existing problems , the purpose of this research is to improve children's gross motor skills through play jump rope .The researchers use the class acts in the study design in the form of a repeating cycle . In each cycle consists of four phases: planning, action , observation and reflection . This subject is a group of children playing in the Rose PPT Surabaya consisting of 20 children consisting of 3anak girls and 17 boys . Data collection techniques used observation and documentation , while data analysis using descriptive stratistik .From the analysis of the child 's gross motor activity data in 1 cycle at 50% of the data obtained . At one meeting cycle 2 in the data obtained 65 % . This suggests action research has not succeeded because the target specified is ≥ 80 % . The researchers then continued in cycle 2 . In cycle 2 meeting 2 reached 85 % . Based on the analysis of data in cycle 2 the expected target is reached and this study are summarized succeed . Moreover, it can be concluded that playing jump rope to improve gross motor skills of children in group B at the PPT Rose Surabaya .

Keywords : Gross Motor , jump rope

Published
2014-03-01
Section
Articles
Abstract Views: 12
PDF Downloads: 74