UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI PERMAINAN KARTU KATA PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT. KEMUNING

Authors

  • Dian Ludvia Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 3-4 tahun melaui permainan kartu kata di PPT. Kemuning. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua  siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah anak usia 3-4 tahun dengan jumlah 10 anak. Tempat Penelitian di PPT. Kemuning Surabaya. Teknik pengambilan data dikumpulkan melalui observasi,wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara  deskriptif  kualitatif untuk membandingkan pra-siklus, siklus I dan Siklus II dan juga  melihat perkembangan kemampuan berbicara anak sebelum dan sesudah diberikan intervensi permainan kartu kata. Hasil dari penelitian  menunjukkan adanaya peningkatan kemampuan berbicara anak, dari rata-rata 50 % pada pra-siklus,, meningkat menjadi 78,5 % pada sikus I  dan mencapai 89 % pada siklus II.  Dari siklus I menunjukkan bahwa 8 dari 10 anak (80 %) mampu berbicara dengan baik menggunakan kartu kata, sementara 2 anak (20%) masih memerlukan bimbingan lebih lanjut. Refleksi dari siklus I menunjukkan perlunya variasi dalam permainan dan pendekatan yang lebih interaktif untuk menarik perhatian anak. Pada siklus II, setelah perbaikan dilakukan, hasil menunjukkan peningkatan signifikan, di mana 9 dari 10 anak (90%) mampu berbicara dengan baik menggunakan kartu kata, dan hanya 1 anak (10%) yang masih memerlukan bimbingan. Penelitian ini  menunjukkan bahwa permainan kartu kata dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak , baik dari segi kosakata, kejelasan pengucapan, maupun keberanian dalam berbicara. Anak menjadi lebih aktif dalam berkomunikasi dan lebih percaya diri dalam menyampaikan pendapatnya. Dengan demikian, permainan kartu kata dapat dijadikan sebagai salah satu strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak usia dini.

 

  Kata kunci: Kemapuan berbicara, permainan kartu kata, anak usia dini , PPT. Kemuning

               

                                                                                                Abstract
This study aims to improve the speaking ability of children aged 3-4 years through word card games at PPT. Kemuning. The methodology used in this research is classroom action method (PTK) which is carried out in two cycles consisting of planning, implementation, observation and reflection. The subjects of this study were children aged 3-4 years with a total of 10 children. Research place at PPT Kemuning Surabaya. Data collection techniques were collected through observation, interviews and documentation. The data analysis technique was carried out descriptively qualitative to compare pre-cycle, cycle I and Cycle II and also see the development of children's speaking ability before and after the intervention of word card games. The results of the study showed an increase in children's speaking ability, from an average of 50% in the pre-cycle, increased to 78,5% in cycle I and reached 89% in cycle II. Cycle I showed that 8 out of 10 children (80%) were able to speak well using word cards, while 2 children (20%) still needed further guidance. Reflection from cycle I showed the need for variations in games and a more interactive approach to attract children's attention. In cycle II, after improvements were made, the results showed a significant increase, where 9 out of 10 children (90%) were able to speak well using word cards, and only 1 children (10%) still needed guidance.This study shows that word card games can improve children's speaking skills, both in terms of vocabulary, clarity of pronunciation, and courage in speaking. Children become more active in communicating and more confident in expressing their opinions. Thus, word card games can be used as one of the effective learning strategies in enhancing the speaking skills of early childhood children.

Keywords: Speaking skills, word card games, early childhood, PPT. Kemuning Surabaya.



Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-07-12

Issue

Section

Articles
Abstract views: 9 , PDF Downloads: 0