Penelitian Meningkatkan Kemampuan Membaca Awal Melalui Media Kartu Kata Bergambar Pada Anak TK B Di TK Eka Remajaj Surabaya
Meningkatkan Kemampuan Berbahasa
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan membaca awal pada anak dalam mengenal huruf pada kelompok B usia 5-6 tahun di TK Eka Remaja Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan teknik subjek penelitian anak yang diteliti adalah 15 anak, teknik analisis ovservasi dan foto dokumentasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “bagaimana Meningkatkan kemampuan membaca awal melalui kertu kata bergambar pada anak TK B di TK Eka Remaja Surabaya”. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri 3 kali pertemuan. Pada Siklus I dan siklus II yang dibahas adalah aktivitas anak dan peningkatan kemampuan mengenal huruf dengan kartu kata bergambar untuk memahami dan mengerti 1-15 huruf, untuk menganalisis data metode prosentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan, yaitu siklus I aktivitas anak mencapai 50% dan menngenal huruf menunjukkan 67% yang berarti belum tuntas belum mencapai 85%. Pada Sikus II untuk aktivitas anak mencapai 85% dan mengenal,menghafal huruf meningkat menjadi 86% yang berarti telah mencapai 85%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan kartu kata bergambar dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf melalui kartu kata bergambar pada anak TK B di TK Eka Remaja Surabaya.
Kata kunci: kartu kata bergambar; kemampuan membaca permulaan.
Abstract
The purpose of this study is to determine the improvement in early reading skills in children in recognizing letters in Group B, aged 5-6 years, at TK Eka Remaja Surabaya. The research method used is classroom action research (CAR) with the research subjects consisting of 15 children. The data collection techniques include observation and photo documentation. The research question is: “How can early reading skills be improved through the use of picture word cards for Group B children at TK Eka Remaja Surabaya?”
The study was conducted in two cycles, with each cycle consisting of three meetings. In both Cycle I and Cycle II, the focus was on children's activities and the improvement of their letter recognition skills using picture word cards to understand and recognize letters from A to O (1–15 letters). The data were analyzed using percentage methods.
Based on the results, there was a noticeable improvement: in Cycle I, children’s activity reached 50% and letter recognition reached 67%, which means the target of 87% had not yet been achieved. In Cycle II, children's activity increased to 87%, and letter recognition and memorization rose to 86%, which indicates that the 87% target had been met.
This shows that the use of picture word cards can enhance the ability to recognize letters in Group B children at TK Eka Remaja Surabaya.
Keywords: Picture word cards; early reading skills
Downloads
Published
Issue
Section

