Upaya Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini melalui Media Papali di Pos PAUD Terpadu Gading
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 3-4 tahun melalui media Papali di PPT Gading Kota Surabaya menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus yang melibatkan 16 anak sebagai subjek. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan tes, kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada tiga aspek: aktivitas guru meningkat dari 61,25% (siklus I) menjadi 82,5% (siklus II); aktivitas anak meningkat dari 58,75% (siklus I) menjadi 80,84% (siklus II); dan kemampuan kognitif anak meningkat dari 34,38% (prasiklus) menjadi 56,77% (siklus I) dan 85,16% (siklus II), dengan nilai N-Gain kemampuan kognitif anak pada siklus I sebesar 0,341 dan siklus II sebesar 0,657, keduanya dalam kategori sedang. Kesimpulannya, media Papali efektif meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 3-4 tahun di PPT Gading, terutama dalam mengenali dan menggunakan konsep pramatematika, didukung oleh kesesuaian media Papali dengan karakteristik anak usia dini, komponen yang komprehensif, pendekatan belajar sambil bermain, dan stimulasi berbagai indera anak.
Downloads
References
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2015). Classroom Action Research (Suryani, Ed.; Revised ed., Vol. 1). Pt. Bumi Aksara
Asma, S., Pertiwi, T. K., & Aceh, B. (2019). Efforts to Improve Early Childhood Cognitive Ability in Counting Through Treasure Hunt Games at TK Pertiwi, Banda Aceh City. In Journal of Serambi PTK, 6(2).
Asmayati, N., Noor Haida, R., Yarliani, I., & Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. (2022). The Use of Pattern Board Media in Improving the Cognitive Abilities of 5–6-Year-Old Children. Muallimun: Journal of Islamic Education, 2(1), 49–70. http://ejournal.iainpalangkaraya.ac.id/index.php/muallimun
Beaty, J. J. (2013). Observing Development of the Young Child (A. K. Anwar, Ed.; 7th ed., Vol. 1). Kencana Prenada Media Group.
Fitriana, & Novitawati. (2021). Developing Cognitive Aspects Through a Combination of the Make A Match Model, Number Play Method, and Flannel Board Media in Early Childhood. Journal of Innovation in Early Childhood Creativity, 1, 25–30.
Hamzah, N. L. (2011). Educational Communication & Information Technology (F. Yustianti, Ed.; 1st ed.). Pt. Bumi Aksara.
Hijriati. (2016). Stages of Cognitive Development During Early Childhood.
Khadijah. (2016). Cognitive Development in Early Childhood (Vol. 1). Perdana Publishing.
Mulyati, M., & Faridayani. (2024). Development of Cognitive Aspects in Early Childhood Through Loose Parts Media. Murhum: Journal of Early Childhood Education, 5(1), 856–865. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.660
Ministry of Education, Culture, Research, and Technology. (2024). Regulation of the Minister of Education, Culture, Research, and Technology Number 12 of 2024 on Curriculum for Early Childhood Education, Basic Education, and Secondary Education. Ministry of Education, Culture, Research, and Technology. Jakarta.
Sukarelawan, M. I., Toni, K. I., & Suci, M. A. (2024). NGain Vs Stacking (1st ed.). Suryacahya.
Susanto, A. (2018). Early Childhood Education: Concepts and Theories (U. Rahmawati, Ed.; 2nd ed.). Bumi Aksara.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Massachusetts: Harvard University Press

