Efforts to Improve Vocabulary Recognition Skills Through Letter Card Games for 5-6 Year Olds at Almanar Islamic Kindergarten Wiyung Surabaya
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengenalan dasar-dasar melalui permainan kartu huruf. Subjek penelitian adalah anak kelompok B di TK Almanar Wiyung Surabaya yang berjumlah 7 siswa (4 laki-laki dan 3 perempuan). Latar belakang penelitian ini adalah kemampuan anak dalam mengenal kosakata sangat terbatas. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus. Hasil siklus I menunjukkan 68%. Karena belum mencapai nilai indikator 80% maka dilakukan tindakan pada siklus II dengan hasil 89%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa permainan kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan pemahaman kosakata anak kelompok B di TK Islam Almanar. Disarankan agar permainan kartu huruf dapat terus dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan pengenalan bahasa anak di TK.
Downloads
Published
Issue
Section

