Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal Melalui Media Kofabar Anak Usia 4-5 Tahun TK Seruni Mekar II Sukomanunggal Surabaya

Authors

  • Ummi Maisaroh Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

kemampuan anak dalam mengenal huruf vokal melalui media kotak alfabet bergambar. Subjek penelitian adalah

anak usia 4-5 tahun di TK Seruni Mekar II Sukomanunggal Surabaya dengan jumlah siswa 16 orang. Ini

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pengenalan huruf vokal pada anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa

peningkatan yang signifikan. Berdasarkan data pada Siklus I kemampuan anak dalam mengenal huruf vokal sebesar 45% dan pada Siklus II berhasil

meningkat menjadi 88%. Hal ini melebihi kriteria keberhasilan yaitu 75%. Disarankan agar kegiatan belajar dan bermain

melalui media kotak alfabet bergambar dapat dilaksanakan secara berkesinambungan untuk meningkatkan kemampuan pengenalan

vokal di TK Seruni Mekar II Surabaya.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-06-26

Issue

Section

Articles
Abstract views: 2 , PDF Downloads: 0