Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal Melalui Media Kofabar Anak Usia 4-5 Tahun TK Seruni Mekar II Sukomanunggal Surabaya
Abstract
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
kemampuan anak dalam mengenal huruf vokal melalui media kotak alfabet bergambar. Subjek penelitian adalah
anak usia 4-5 tahun di TK Seruni Mekar II Sukomanunggal Surabaya dengan jumlah siswa 16 orang. Ini
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pengenalan huruf vokal pada anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
peningkatan yang signifikan. Berdasarkan data pada Siklus I kemampuan anak dalam mengenal huruf vokal sebesar 45% dan pada Siklus II berhasil
meningkat menjadi 88%. Hal ini melebihi kriteria keberhasilan yaitu 75%. Disarankan agar kegiatan belajar dan bermain
melalui media kotak alfabet bergambar dapat dilaksanakan secara berkesinambungan untuk meningkatkan kemampuan pengenalan
vokal di TK Seruni Mekar II Surabaya.
Downloads
Published
Issue
Section

