Peningkatan Kemampuan Literasi Anak Melalui Metode Bercerita Menggunakan Media Big Book Pada Kelompok B
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah media pembelajaran “Big Book” dapat meningkatkan kemampuan literasi pada anak usia dini yang tercatat sebagai anak didik kelompok B TK AL AHMADI Surabaya. Hal ini terkait tingkat capaian perkembangan literasi anak kelompok B TK AL AHMADI Surabaya yang berkembang belum optimal, yang teridentifikasi dari sebesar 65% dari 22 jumlah anak yang hadir atau sekitar 14 anak yang masih memiliki perkembangan kemampuan literasi dengan kategori, (Mulai Berkembang), sedangkan 35% sisanya atau sekitar 8 anak, sudah memiliki perkembangan kemampuan literasi dengan kategori berkembang sesuai harapan, namun pada saat anak menjawab pertanyaan dari guru, masih ada kecenderungan anak ragu-ragu dalam menjawab pertanyaan (takut salah menjawab). Hasil tindakan penelitian yang telah dilaksanakan dengan menggunakan media “Big Book”, menunjukkan hasil rekam data yang dikumpulkan melaui teknik observasi saat pembelajaran berlangsung, tercatat rata-rata persentase tingkat capaian perkembangan kemampuan literasi pada anak usia dini secara keseluruhan, khususnya pada materi pengembangan kemampuan menjawab pertanyaan dan memahami isi teks cerita, dari siklus I ke siklus II, dapat diketahui bahwa, perkembangan kemampuan literasi setiap anak selalu meningkat pada setiap siklusnya, meskipun hasil maksimalnya bervariasi, sebagaimana dipresentasikan melalui analisis rata-rata persentase siklus I pertemuan 1, 2, 3, dan 4 yang mencapai 53%, setelah dilakukan perbaikan pada siklus II pertemuan 1,2, 3, dan 4 secara berkala, dan berulang., menunjukkan peningkatan rata-rata persentase ketuntasan yang mencapai 84% . Berdasarkan hasil pengamatan tersebut, dapat disimpulkan bahwa tindakan penelitian dengan menggunakan media “Big Book” yang dilakukan pada anak usia dini kelompok B di TK AL AHMADI Surabaya dikatakan berhasil.
Downloads
References
Apriani, O., Hartati, S., & Yaswinda, Y. (2018). Stimulasi Literasi (Menyimak) Pada Anak Taman Kanak-Kanak Di Kecamatan Kuranji Kota Padang. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 4(2), 10.https://doi.org/10.24114/jbrue.v4i2.12115
Basyiroh, I. (2017). Program Pengembangan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi, 3(2), 120–134. Dini, A. U. (n.d.).(research and development) . 1, 1–14.
Fitriani, D., Fajriah, H., & Rahmita, W. (2019). Media Belajar Big Book dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Reseptif Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 247. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.197
Fuadah, S. S. (2023). Peningkatan kemampuan literasi anak usia 5-6 tahun melalui media buku ilustrasi di ra nurul falah karawang.
Hasanah Masra Tangse, U. (2022). Literasi Dalam Pendidikan Anak Usia Dini: Pentingnya Lingkungan Terhadap Kemampuan Membaca Awal Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan,Agama Dan Sains, VI(1), 37–47.
Husnaini, N. (2018). Identifikasi Pola Pengenalan Literasi Pada Anak Usia Dini Di Kota Mataram. Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 30–39. https://doi.org/10.21831/jpa.v7i1.24443 Ii, B. A. B., Bercerita, A. M., & Bercerita, P. M. (n.d.).
Novan Ardi Wiyani, Op. Cit., H. 157. 12. 12–30.
Jalil, S. N., Fathanah, F., & Nurul, M. Z. (n.d.). Efektivitas Penerapan Media Big Book dan Penggunaan Gaya Belajar Siswa terhadap Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Kelas IV di SD Islam Surya Buana Malang. 1(01), 269–290.
Mawarny. (2020). Pendidikan Literasi Anak Usia Dini: Meningkatkan Keterampilan Membaca, Berfikir, Dan Menulis Berpikir Anak. https://repository.uinsaizu.ac.id/19341/
Mulyani, L., Dwi, R., & Sari, P. (2023). Penerapan metode bercerita melalui media untuk mengembangkan bahasa anak di tk al – basyar sumberagung kecamatan ambarawa kabupaten pringsewu.
Nur Maulida, D., Labiba Kusna, S., & Puspitasari, E. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Koper Literasi untuk Menstimulasi Kemampuan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 568–579. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.330
Nurhayati, R. (2019). Membangun Budaya Literasi Anak Usia Dini dalam Keluarga. Jurnal Pembangunan Masyarakat, 4(1), 79–88.
Penerapan Metode Bercerita Dalam Mengembangkan Moral Dan Agama Anak Usia Dini. (2018).
Pohan, Y. Y., Islam, U., & Sumatera, N. (2024). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BIG BOOK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AWAL SISWA KELAS I MADRASAH IBTIDAIYAH ELSE ( Elementary School Education. 8(2), 289–
296.
Purwodadi, D. I. M. I. A. (2021). DALAM MENANAMKAN MORAL SISWA KELAS III PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH.
Simatupang, N. D., Widayati, S., Adhe, K. R., & Sholichah, S. A. (2023). Pengembangan Buku Cerita Big Book Kalender Meja dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 1130–1141. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.4067
Syabrina, M., Islam, P., Usia, A., Guru, P., & Ibtidaiyah, M. (2021). Strategi Guru Mengenalkan Konsep Dasar Literasi di PAUD Sebagai Persiapan Masuk SD / MI. 5(1), 931–940. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.673
Uh, L. S., & Novianto, E. (2020). METODE BERCERITA SEBAGAI MEDIA PENGEMBANGAN.
Wachjuningsih, S., & Rohmat. (2022). Pengembangan Literasi pada Pendidikan Anak Usia Dini. Peluang Dan Tantangan Manajemen Pendidikan Islam Di Era Millenial, 1, 73–79.
Yansyah, Y., Hamidah, J., & Ariani, L. (2021). Pengembangan Big Book Storytelling Dwibahasa untuk Meningkatkan Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1449–1460. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1779
Yulia, R., Eliza, D., Kunci, K., Literasi, :, Pengembangan, ;, Berbahasa, L., Anak, ;, & Dini,
U. (2021). Pengembangan Literasi Bahasa Anak Usia Dini. Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 53–60. https://doi.org/10.29313/ga

