Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Media Kolase pada Anak Usia 3- 4 Tahun

Authors

  • Nur Yanna Rahmayanti Universitas Negeri Surabaya
  • Dewi Komalasari Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penerapan pembelajaran berbasis proyek dengan media kolase dalam meningkatkan kemampuan kerja sama anak usia 3-4 tahun. Kemampuan kerja sama merupakan aspek penting dalam perkembangan sosial anak usia dini, dan metode pembelajaran yang tepat dapat mendukung perkembangan ini secara optimal. Penelitian ini menggunakan metode PTKĀ  dengan pendekatan kualitatif pada kelompok B. Subjek penelitian adalah anak-anak usia 3-4 tahun di PPT Harapan Kita, dengan jumlah 18 anak. Kelompok B diberikan pembelajaran berbasis proyek dengan media kolase, di mana anak-anak bekerja sama membuat kolase dengan tema relevan. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi dan menggunakan lembar observasi yang telah divalidasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan dalam kemampuan kerja sama antara kelompok B setelah intervensi. Kelompok B menunjukkan peningkatan yang lebih tinggi dalam indikator-indikator kerja sama seperti berbagi, membantu teman, berkomunikasi, dan menyelesaikan tugas bersama. Temuan ini mengindikasikan bahwa pembelajaran berbasis proyek dengan media kolase efektif dalam meningkatkan kemampuan kerja sama anak usia 3-4 tahun. Implikasi dari penelitian ini adalah memberikan alternatif metode pembelajaran yang menyenangkan dan efektif bagi guru PAUD dalam mengembangkan kemampuan sosial anak, khususnya kemampuan kerja sama.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-06-30

Issue

Section

Articles
Abstract views: 11 , PDF Downloads: 0