Upaya Meningkatkan Literasi Membaca Dengan Menggunakan Media Buku Cerita Bergambar Untuk Kelompok B Di TK Baiturrochman
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi membaca anak usia 5-6 tahun melalui membaca buku cerita bergambar. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari dua siklus dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelompok B dengan rentan usia 5-6 tahun yang ada di TK Baiturrochman yang berjumlah 10 siswa yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 4 siswa Perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil siklus I menunjukkan kemampuan literasi membaca anak meningkat sebesar 68%, namun masih ditemukan beberapa kendala seperti buku cerita bergambar dengan tema yang kurang menarik. Berdasarkan refleksi siklus I, dilakukan perbaikan pada siklus II dengan memberikan tema buku cerita bergambar yang lebih sesuai dengan keinginan anak. Hasil siklus II menunjukkan peningkatan yang signifikan dengan kemampuan literasi membaca anak mencapai 84%. Dengan demikian, membaca buku cerita bergambar dalam kegiatan kelas terbukti menjadi metode yang efektif untuk meningkatkan literasi membaca pada anak-anak. Disarankan agar pendidik menerapkan metode ini lebih sering agar pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan.
Downloads

