MENINGKATKAN KECERDASAN VISUAL SPASIAL ANAK MELALUI KEGIATAN MENGGAMBAR DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA KELOMPOK USIA 3-4 TAHUN DI PPT HARAPAN BANGSA SURABAYA

  • Ratna Purwitaningtyas

Abstract

Latar belakang penelitian ini diawali oleh hasil data studi awal yang menunjukkan kondisi kecerdasan visual spasial anak PPT Harapan Bangsa yang sangat kurang. Hal ini terbukti anak tidak mau menggambar karena tidak tahu benda yang akan digambar dan coretan yang dihasilkan anak menampilkan hasil yang sama setiap pengerjaan tugas menggambar. Berdasarkan masalah yang ada maka tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kecerdasan visual spasial anak melalui kegiatan menggambar.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam bentuk siklus berulang. Di setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok usia 3-4 tahun PPT Harapan Bangsa yang berjumlah 12 anak, yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, sedangkan analisis datanya menggunakan statistik deskriptif.Dari hasil analisis data diperoleh kecerdasan visual spasial anak melalui kegiatan menggambar dengan menggunakan pendekatan pembelajaran pada siklus 1 pertemuan 1 diperoleh data 54%, pada siklus 1 pertemuan 2 diperoleh data 62%. Hal ini menunjukkan penelitian tindakan kelas ini belum berhasil oleh karena target yang ditentukan adalah 75%, maka penelitian berlanjut pada siklus 2. Pada siklus 2 pertemuan 1 diperoleh data 74% dan pada siklus 2 pertemuan 2 mencapai 83%. Berdasarkan analisis data pada siklus 2 maka target yang diharapkan tercapai dan penelitian ini dinyatakan berhasil. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan menggambar dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kecerdasan visual spasial anak kelompok usia 3-4 tahun PPT Harapan Bangsa Surabaya.

Kata kunci : kecerdasan visual spasial, menggambar, pendekatan pembelajaran kontekstual

ABSTRACT

Background This study initiated by the results of the initial study data which shows the condition of children's visual-spatial intelligence PPT Harapan Bangsa very less . This proved not to draw as a child does not know the object to be drawn and the resulting child scribbles show the same results every working drawing tasks . Based on existing problems , the purpose of this research is to improve children's visual-spatial intelligencet hrough drawing.This study uses action research is designed in the form of a repeating cycle . In each cycle consists of four stages , namely planning, action , observation and reflection . The study subjects were children of 3-4 years age group PPT Harapan Bangsa that totaled 12 children , consisting of 5 girls and 7 boys .Data collection technics using observation , while the analysis of the data using descriptive statistics .From the analysis of data obtained in visual spasial intelligence through drawing by using contextual learning approuch on cycle 1 first meeting data obtained 54 % , in cycle 1 second meeting 62% of the data obtained . This suggests the study of this class action have not been successful because the specified target is 75 % , so the research continues in cycle 2 . In cycle 1 first meeting 74 % and the data obtained in cycle 2 second meeting reached 83 % . Based on the analysis of data in cycle 2 the target is reached and the study declared successful . It can be concluded that the drawing by using contextual learning approach can improve visual-spatial intelligence of children of 3-4 years age group PPT Harapan Bangsa Surabaya .

Keywords : visual-spatial intelligence , drawing , contextual learning approach

Published
2014-03-01
Section
Articles
Abstract Views: 54
PDF Downloads: 770