Upaya Meningkatkan Kemampuan Konsep Bilangan Melalui Permainan coklak usia 3-4 di PPT.Srikandi

Authors

  • NURI KHOLIFAH Universitas Negri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan konsep bilangan pada anak usia 3–4 tahun melalui media
permainan tradisional congklak. Subjek penelitian adalah anak kelompok bermain di PPT Srikandi Surabaya, yang
berjumlah 17 anak. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan,
observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi, dengan analisis
deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi tentang peningkatan
kemampuan konsep bilangan melalui permainan congklak pada anak usia 3–4 tahun di PPT Srikandi. Penelitian ini
menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode observasi untuk
mengamati aktivitas anak dan aktivitas guru, serta untuk mengetahui peningkatan kemampuan konsep bilangan.
Subjek pada penelitian ini adalah anak usia 3–4 tahun atau anak kelompok B di PPT Cahaya Mentari dengan jumlah
10 anak. Hasil analisis menunjukkan bahwa pada siklus pertama diperoleh hasil observasi aktivitas guru sebesar
77,5%, hasil observasi aktivitas anak sebesar 72,5%, dan hasil peningkatan kemampuan konsep bilangan sebesar 70%.
Hasil tersebut belum memenuhi target yaitu 80%. Peneliti melanjutkan penelitian ke siklus kedua dan memperoleh
hasil observasi aktivitas guru sebesar 90%, observasi aktivitas anak sebesar 85%, dan peningkatan kemampuan konsep
bilangan sebesar 86,67%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan konsep bilangan
melalui permainan congklak pada anak usia 3–4 tahun di PPT Srikandi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan
bahwa permainan congklak dapat meningkatkan kemampuan konsep bilangan pada anak usia 3–4 tahun di PPT
Srikandi.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-07-03

Issue

Section

Articles
Abstract views: 1 , PDF Downloads: 0