MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA MELALUI KEGIATAN BERMAIN BOLA WARNA PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI POS PAUD HARAPAN KARTINI KECAMATAN BUBUTAN SURABAYA

Authors

  • DIANA MURTI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Abstract

Kemampuan mengenal warna merupakan salah satu komponen penting dalam perkembangan kognitif anak usia dini. Pada tahap ini, mengenal warna menjadi bagian dari proses pembelajaran yang bermanfaat untuk mengembangkan daya pikir serta memori otak anak, sehingga dapat menunjang peningkatan kemampuan kognitif secara menyeluruh. Kemampuan mengenal warna tidak hanya berfungsi sebagai dasar dalam pembelajaran seni dan kreativitas, tetapi juga memiliki peran penting dalam membentuk cara berpikir anak. Adapun kemampuan mengenal warna pada anak usia dini mencakup tiga aspek, yaitu menyebutkan, menunjukkan dan mengelompokkan warna dengan tepat. Kemampuan-kemampuan tersebut telah diterapkan oleh peneliti melalui Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal warna pada anak usia 3–4 tahun melalui kegiatan bermain bola warna di Pos PAUD Harapan Kartini Surabaya. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi lembaga pendidikan, guru, maupun pendidik anak usia dini dalam menentukan metode dan media pembelajaran yang tepat guna menstimulasi perkembangan kognitif anak sesuai dengan tahapan usianya. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan deskriptif kuantitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri atas tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi, serta dilakukan dalam dua kali pertemuan tatap muka. Siklus dilakukan kembali apabila capaian pembelajaran belum memenuhi indikator ketuntasan yang telah ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan mengenal warna pada anak usia 3–4 tahun. Pada siklus I, persentase pencapaian sebesar 62%, dan meningkat menjadi 81% pada siklus II. Dengan demikian, terdapat peningkatan sebesar 19% dari siklus I ke siklus II. Hasil ini menunjukkan bahwa kegiatan bermain bola warna efektif dalam meningkatkan kemampuan mengenal warna secara optimal sesuai dengan tahap perkembangan anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-09

Issue

Section

Articles
Abstract views: 8 , PDF Downloads: 4