Meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 3-4 tahun dalam berpikir simbolik menggunakan media benyatugam

Authors

  • Renny Setia Darmaniati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan kognitif anak usia 3–4 tahun dalam berpikir simbolik di pos PAUD terpadu di wilayah Surabaya Timur. Kemampuan berpikir simbolik merupakan bagian penting dalam perkembangan kognitif anak yang perlu distimulasi sejak dini, salah satunya melalui media pembelajaran yang menarik dan konkret. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir simbolik anak melalui penggunaan media benda nyata dan kartu gambar. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian terdiri dari 12 anak kelompok usia 3–4 tahun. Data dianalisis dengan cara penelii menghitung persentase keberhasilan minimal standar sebesar 80% atau lebih. Hasil yang dapat dilaporkan pada penelitian ini terjadi peningkatan persentase keberhasilan pada aktivitas guru sebesar 85% di siklus 2 dan pada aktivitas anak sebesar 83,3% di siklus 2, sedangkan pada kemampuan kognitif anak dalam berpikir simbolik sebesar 89,59% di siklus 2. Dengan demikian, penggunaan media benda nyata dan kartu gambar terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir simbolik anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-02

Issue

Section

Articles
Abstract views: 0 , PDF Downloads: 2