PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1-5 MELALUI MEDIA BERMAIN KARTU ANGKA PADA USIA 3-4 TAHUN DI PPT CUT NYAK DIEN BUBUTAN SURABAYA
Abstract
Kemampuan kognitif merupakan proses berpikir untuk memahami, menilai, menghubungkan informasi, dan menyelesaikan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 3–4 tahun dalam mengenal lambang bilangan 1–5 melalui media bermain kartu angka di PPT Cut Nyak Dien Bubutan Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) deskriptif kuantitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian adalah sembilan anak usia 3–4 tahun. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan, dari rata-rata 56% pada pra siklus, meningkat menjadi 60% pada siklus I, dan mencapai 81% pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media kartu angka efektif dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal lambang bilangan 1–5. Rekomendasi bagi guru adalah menggunakan media bermain yang interaktif untuk mendorong pemahaman konsep secara menyenangkan dan bermakna.
Downloads
Abstract views: 58
,
PDF Downloads: 28